MEDAN – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, H Atal S Depari, mengaku pelantikan PWI Sumut periode 2021-2026 di Hotel Garuda Plaza Medan, Sabtu (18/12), sangat luar biasa.

“Saya iri sekaligus bangga dengan pelantikan yang digelar malam ini. Lihat saja banyaknya karangan bunga ucapan selamat kepada pengurus PWI Sumut yang dilantik. Kalau dijajarkan, panjangnya bisa mencapai 1 kilometer,” katanya disambut aplaus hadirin.

Atal mengungkapkan anggota PWI Sumut merupakan yang terbesar di seluruh Indonesia. Dengan sendirinya, Sumatera Utara tidak pernah kering berita.

“Anda semua yang hadir harus bangga. Sumatera Utara paling banyak memiliki anggota PWI. Diharapkan peran PWI dapat membangun Sumut yang lebih baik dan bermartabat,” ungkapnya.

Dengan banyaknya anggota PWI Sumut, Atal menegaskan seluruh wartawan harus mematuhi Kode Etik Jurnalistik sebagai landasan sumpah profesi. Dengan demikian, perilaku wartawan lebih profesional dalam menjalankan tugas jurnalistik sehari-hari.

“Pers yang andal dapat membangun Sumatera Utara karena tugas wartawan berpihak kepada kepentingan publik. Begitu juga pemerintah yang bekerja untuk publik, sehingga sinergitas harus dibangun sebagai kontrol sosial yang ketat,” tegasnya.

Atal berharap wartawan harus patuh terhadap KEJ. Selain itu, pengurus PWI Sumut yang baru dilantik menjadi contoh serta tauladan yang baik dalam menciptakan wartawan yang memiliki etika, berkarakter, dan bermartabat.

“Saya juga berharap Hari Pers Nasional (HPN) 2023 nanti digelar di Sumatera Utara. Sumut harus jadi tuan rumah dan kita siap dukung bersama pak gubernur. Karena itu, saya minta PWI Sumut proaktif dan profesional,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menegaskan kepengurusannya akan fokus menjalankan 10 program prioritas meningkatkan pendidikan wartawan plus perlindungan dan kesejahteraannya.

“Karena itu, saya memilih pengurus-pengurus yang cerdas. Mari sama-sama kita bangun dan perbaikan PWI Sumut menjadi lebih berkarakter, beretika, dan bermartabat serta pendidikan anggotanya makin berkualitas,” sebut Farianda. (pwisumut)