MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, menegaskan pihaknya siap mendukung Sumut sebagai tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang.

Penegasan ini disampaikan Gubsu saat menerima audensi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut H Farianda Putra Sinik didampingi Sekretaris SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan serta Wakil Ketua Bidang Media Siber dan Multimedia Austin Tumengkol di Rumah Dinas Gubsu, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Jumat (28/1).

Gubsu mengatakan dipercayanya Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023 oleh PWI Pusat tentunya menjadi kebanggaan dan kehormatan bagi Provinsi Sumatera Utara. 

“Kepercayaan dan momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Gubernur Sumut.

Untuk itu, Edy meminta pengurus PWI Sumut mempelajari dan mempersiapkan program-program serta rangkaian kegiatan pelaksanaan HPN 2023 tersebut. Setelah mengakui belum siap tuan rumah tahun ini, Gubernur menegaskan bahwa Sumut kini sudah menyanggupi tuan rumah HPN tersebut. 

“Karena infrastruktur kita saat itu belum memadai. Kan malu kita nanti tamu-tamu dari seluruh Indonesia datang dengan kondisi Sumut masih ‘begitu. Tolong siapkan dan rancang program dan kegiatannya. HPN 2023, Sumut siap!'” seru Gubsu.

Pada kesempatan itu, Gubsu juga menyampaikan keinginan hadir pada HPN 2022 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Rencananya, acara puncak pada 9 Februari nanti akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Namun maaf, saya ada kegiatan dengan Menpora, Bappenas, Gubernur Aceh, dan KONI Pusat membahas persiapan PON 2024 di Sumut dan Aceh. Nanti, saya akan utus Wakil Gubernur (Musa Rajekshah, red) ke Kendari,” kata Edy.

Farianda menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gubsu yang telah mendukung penuh Provinsi Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023. 

Disebutkan, 25 pengurus yang berangkat ke Kendari selama 6-10 Februari mendatang akan kampanye Sumut dijadikan sebagai tuan rumah HPN 2023 nanti. (pwi sumut)