MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menjamu sekaligus temu ramah dengan sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media cetak dan online di rumah dinas, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (14/2).

Dalam jamuan silaturahim yang diprakarsai Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik tersebut, Gubsu mendapat laporan tentang kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari dan kemungkinan Sumatera Utara didaulat menjadi tuan rumah HPN 2023.

“Serangkaian rencana kegiatan HPN 2023 tersebut, kiranya Pemprovsu bisa bersinergi dengan PWI Sumut. Apalagi didukung semua stakeholder, BUMN, dan BUMD yang ada di Sumut dan tidak terlepas dari peranan Gubsu dan masyarakat,” kata Farianda.

Menyahuti ungkapan Farianda, Gubsu sangat merespon Sumut menjadi tuan rumah HPN 2023. Asalkan, kata Edy, semua media massa mendukung pembangunan di Sumut tidak terkecuali dengan infrastruktur jalan multiyear senilai Rp2,7 triliun.

Dikatakan, Pemprovsu segera menjalankan proyek pembangunan jalan dan jembatan dengan anggaran sebesar Rp2,7 triliun. Anggaran ini untuk pendanaan tahun jamak (multiyear) selama 2022-2023. Saat ini jalan provinsi di Sumut dengan kondisi mantap 75 persen dan sisanya tidak/belum mantap.

Panjang jalan provinsi di Sumut ada sekitar 3.005 km. Selain jalan, ada sekitar 389,2 meter jembatan dan 71 ribu meter drainase yang juga akan dibangun. Dengan jalan yang makin baik, menurut Edy, maka perekonomian Sumut bisa cepat membaik pula.

Edy menjelaskan ruas jalan yang akan dibangun, antara lain Kuala-Simpang Marike di Langkat (akses kawasan wisata Bukit Lawang) dan Tanjungbalai-Pasar I-batas Labura di Kabupaten Asahan (akses menuju sentra pertanian).

Selanjutnya, jalan Gonting-Janji Raja di Samosir (akses KSPN Danau Toba) dan jalan Silimbat-Parsoburan di Toba (jalan pintas menuju KSPN Danau Toba). Lalu, ada 389,2 meter jembatan dan 71 ribu meter drainase yang juga akan dibangun, seperti Jembatan Idano Oyo, Hilimbuasi-Mandrehe di Nias Barat dan Jembatan Bandar Pulo, ruas Simpang 3 Namu Unggas Tangkahan di Langkat.

Kegiatan temu ramah tersebut juga dirangkaikan dengan potong kue HPN 2022. Terlihat, Gubsu menyerahkan kue kepada penerima Press Card Number One yang juga Pemred Harian Waspada H Prabudi Said. 

Tak ketinggalan, H Teruna Jasa Said (Berita Sore) menerima kue bersama juga Austin Tumengkol (Waspada Online), Erris J Napitupulu (Top Metro), M Syahrir (Realitas), Jalaluddin (Mimbar Umum), Riza Mulyadi (LKBN Antara), Zulfikar Tanjung (Intipos.com), Iin Sholihin (Tribun Medan), Anton Panggabean (SIB), Machsin (Orbitdigital.com), Asih Astuti (Sumut Pos), dan Ketua PWI Sumut juga Pemred Medan Pos Farianda P Sinik. (pwi sumut)