*Refleksi Akhir Tahun BPKAD Sumut

MEDAN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut Farianda Putra Sinik menghadiri Refleksi Akhir Tahun 2021 Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumatera Utara di Kantor Bank Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (28/12).

Saat pelaksanaan diskusi, Farianda menyampaikan apresiasi kepada BKAD yang berani menggelar refleksi akhir tahun 2021. Disebutkan, hal itu merupakan keterbukaan informasi.

“Kami berharap pejabat harus terbuka informasi. Apalagi soal APBD, yang dikelola itu uang rakyat, maka rakyat harus tahu,” tandas Farianda.

Farianda berharap kegiatan yang sama dapat diadopsi kabupaten/kota lain serta OPD terkait. Begitu juga penggunaan digitalisasi keuangan, dikatakan Farianda akan mampu mendongkrak memaksimalkan perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Farianda menyoroti pengerjaan proyek di Sumut di mana setiap pengerjaan dikerjakan di atas bulan Juni setiap tahunnya. Menurutnya, hal itu dapat mengurangi kualitas karena pengerjaan buru-buru dan musim hujan.

Pj Sekdaprovsu H Afifi Lubis SH menambahkan acara refleksi merupakan pertama kali dan niat mengundang Ketua PWI beserta anggotanya dengan harapan mendapat koreksi dari insan pers. Dengan demikian, pengelolaan keuangan daerah lebih sehat ke depannya.

“Ini salah satu bukti kami akan lebih transparan dan butuh koreksi dari kawan-kawan wartawan, sehingga kami bekerja lebih baik di tahun-tahun mendatang,” imbuh Afifi.

Kepala BPKAD Sumut, Dr Ismael Sinaga, sangat berharap dukungan PWI Sumut dalam sosialisasi kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemprovsu kepada masyarakat dalam peningkatan pembangunan.

Ismail mengaku pihaknya tetap berharap kontrol sosial pada setiap pelaksanaan program, khususnya penyerapan anggaran. (pwisumut)