KENDARI – Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII akan berlangsung pada 20-27 Oktober 2022 di Malang dengan mempertandingkan 10 cabang olahraga.

Kepastian tersebut disampaikan Pemprov Jawa Timur melalui Kadispora Jatim Pulung Chausar didampingi Ketua Siwo Jatim Erwin pada Rakernas Siwo PWI di Kendari, Senin (7/2).

Menurut Chausar, pelaksanaan Porwanas yang berlangsung pada Oktober mendatang akan mempertandingkan sembilan cabor ditambah e-Sport.

Cabor tersebut adalah atletik, biliar, bulutangkis, bridge, catur, futsal, sepakbola, tenis lapangan, tenis meja, dan e-Sport. Bukan hanya itu, ada juga lomba olahraga tradisional.

Selain tanggal pelaksanaannya, Jawa Timur juga menerangkan telah menyiapkan 13 venue atau tempat pertandingan utama serta enam cadangan yang ada di Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Batu.

Ketua Siwo Jawa Timur, Erwin, mengatakan Porwanas 2022 akan berlangsung selama tujuh hari. Tuan rumah juga akan menanggung penginapan selama tiga har dengan empat hari tersisa ditanggung oleh daerah masing-masing.

‘Untuk teknis dan lainnya akan kami beritahukan menyusul. Yang jelas, persyaratan sama dengan Porwanas sebelumnya. Atlet harus 100 persen lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dengan batasan usia 27 tahun ke atas,” kata Erwin.

Pencoretan cabor boling di Porwanas Malang turut membuat Siwo PWI Sumut terkejut, mengingat cabor tersebut termasuk andalan meraih medali. Pada Porwanas 2016 di Bandung, Sumut meraih dua medali perak.

Terkait pencoretan cabor boling, Ketua Siwo Sumut Johny Ramadhan Silalahi SH mengaku kecewa. Namun, pihaknya bisa menerima penjelasan Kadispora Jatim dan Ketua Siwo PWI Jatim. Alasannya tak lain karena tidak ada lintasan boling. Di Surabaya sendiri, lintasan boling sudah tidak beroperasi. (pwi sumut)