KENDARI – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat memberikan Press Card Number One kepada Pemimpin Redaksi Harian Waspada H Prabudi Prameswara Said dan Pemimpin Umum Harian Analisa Supandi Kusuma pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Rabu (9/2).

Penghargaan diterima Wakil Penanggung Jawab Harian Waspada H Sofyan Harahap di pelataran Masjid Al-Alam yang dikenal sebagai masjid terapung tengah laut di Kendari. Puncak HPN 2022 turut dihadiri secara virtual oleh Presiden Joko Widodo dari Istana Kepresidenan Bogor, termasuk sejumlah menteri, pengurus PWI Provinsi, DKP PWI, SMSI, SPS, dan undangan lain.

Penghargaan berupa pin emas bertuliskan Press Card Number One, Kartu Pers Nomor Satu, dan sertifikat ditandatangani Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua Panpel HPN 2022 Auri Jaya.

Dikatakan, penghargaan ini diberikan kepada wartawan profesional dengan kompetensi dan integritas tinggi. Pemilihan dilakukan tim seleksi Pemberian Penghargaan yang terdiri atas Atal, Ismet Rauf, Mirza Zulhadi yang disahkan dalam Rapat Pleno Pusat HPN.

“Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan kepada insan-insan pers yang telah menunjukkan kinerja profesional, berdedikasi, pengorbanan kepada dunia pers, dan kemerdekaan pers dalam tahun-tahun pengabdiannya,” katanya.

Atal menambahkan penghargaan ini juga sebagai simbol upaya masyarakat pers untuk memperhatikan orang-orang yang patut menjadi teladan dengan prestasi dan pencapaiannya. Harapannya juga agar menjadi aspirasi bagi insan pers, khususnya generasi muda sekaligus meneruskan jejak emas seniormya.     

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, berterima kasih dan mengapresiasi PWI Pusat yang mengabulkan usulan dua tokoh pers di Sumut untuk mendapatkan Press Card Number One tersebut. Diakui, PWI Sumut merekomendasikan Prabudi dan Supandi dengan berbagai penilaian dan pertimbangan.

“Kami berterima kasih kepada dua tokoh pers yang menerima penghargaan ini semuanya untuk kemajuan pers di Sumut. Saya berharap mereka tetap memberi kontribusi yang lebih besar lagi untuk pers nasional dan Sumut,” sebutnya.

Farianda, putra alm H Ibrahim Sinik juga tokoh pers di Sumut, menambahkan HPN 2022 cukup meriah kendati Presiden Joko Widodo hanya hadir secara daring. Karena situasi pandemi Covid-19 belum mereda, kegiatan HPN 2022 banyak digelar via daring. (pwi sumut)