KENDARI – Rombongan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Sumatera Utara menghadiri kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari menuju persiapan HPN 2023 di Sumut.

“Kehadiran rombongan PWI Sumut di HPN kendari bukan sekadar hura-hura, tapi banyak kegiatan yang bisa diadopsi untuk kegiatan HPN tahun depan jika Sumut disetujui menjadi tuan rumah,” ujar Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik di Kendari, Minggu (6/2) malam.

Farianda menyebutkan rombongan PWI Sumut berjumlah 27 orang mengikuti HPN 2022 di Kendari juga didampingi sejumlah PWI kabupaten/kota, IKWI Sumut, wakil Dewan Kehormatan Provinsi (DKP), dan utusan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut.

“Banyak hal yang bisa dilihat dan dicontoh dari gebyar kegiatan HPN tahun ini di Kendari, jika keinginan kita menjadi tuan rumah HPN 2023 dikabulkan,” katanya.

Di Kendari, anggota PWI Sumut ditugaskan mengikuti setiap jadwal kegiatan mulai 6 Februari hingga puncak HPN 2022, seperti Pameran Potensi Pembangunan, Pameran UMKM & Ekraf, Festival Kuliner, Pameran Pers, Rakernas Siwo, kegiatan IKWI, seminar, Konvensi Nasional Media Massa, Diskusi Anugerah Adinegoro, dan ainnya. 

Selain itu, rombongan PWI Sumut studi banding dan mengunjungi berbagai objek wisata. Nantinya, hasil kunjungan akan menjadi evaluasi untuk mematangkan konsep penyelenggaran HPN 2023.

“Karena, Sumut tidak kalah dari provinsi lain dari sektor pariwisata, kuliner, UMKM, dan banyak lagi. Berdasarkan itu, Gubsu Edy Rahmayadi dan Ketua DPRD Sumut mendorong dan mendukung sepenuhnya Sumut menjadi tuan rumah pelaksanaan HPN 2023,” sebut Farianda.

Farianda juga menyampaikan apresiasi kepada Pemprov Sumut dalam hal ini Dinas Kominfo Sumut serta mitra PWI Sumut seperti PT Agincourt Resources, Asian Agri yang telah mendukung keberangkatan rombongan PWI Sumut mengikuti HPN 2022 di Kendari. (pwi sumut)