MEDAN – Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Sumut mengusulkan Wali Kota Medan Bobby Nasution menerima penghargaan “Inisiator Olahraga” yang akan diserahkan Menpora Zainudin Amali pada Rakernas Siwo PWI di Kendari, 8 Februari mendatang.

“Dari pengamatan dan catatan kami para wartawan olahraga di Sumut, kami sepakat mengusulkan Bobby Nasution menerima penghargaan Inisiator Olahraga untuk kategori Kepala Daerah (Gubernur, Bupati, dan Wali Kota),” ujar Ketua Siwo PWI Sumut, Jonny Ramadhan Silalahi, di Gedung PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan, Kamis (20/1).

Selain Bobby, ujar Jonny didampingi Sekretaris Halomoan Samosir dan Bendahara Ilham “Bejo” Ridwan menyebutkan Siwo PWI Sumut juga mengusulkan Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani sebagai penerima penghargaan untuk kategori Ketua KONI.

“Jadi ada dua nama yang diusulkan Siwo PWI Sumut untuk penerima penghargaan Inisiator Olahraga, yakni Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Ketua KONI Medan Eddy H Sibarani. Usulan resmi terhadap kedua nama tersebut sudah kami kirim ke Panitia Pusat cq Siwo PWI Pusat di Jakarta, Rabu (19/1),” sebut Jonny juga Redaktur Olahraga Harian Waspada tersebut.

Jonny menambahkan Siwo PWI yang termasuk bagian dari stakeholder olahraga dalam upaya lebih merangsang dan menggairahkan pembinaan olahraga, setiap tahunnya memberi apresiasi kepada insan, tokoh maupun penggerak dan pejabat pemerintah serta peduli pengembangan dan pembinaan olahraga.

Tahun 2022 ini bersamaan pelaksanaan Rakernas Siwo PWI yang merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022 di Kendari, Siwo PWI bukan saja bekerja sama dengan Kemenpora menggelar Sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), tetapi juga memberi Penghargaaan Inisiator Olahraga terhadap Kepala Daerah dan Ketua KONI.

“Informasi yang kami dapat, ada lima kepala daerah dan enam Ketua KONI yang menerima penghargaan. Kami berharap usulan Siwo PWI Sumut diterima dan ditetapkan menjadi keputusan,” tambah Halomoan.

Siwo PWI Sumut mengusulkan Bobby Nasution karena menunjukkan kepedulian dan perhatian luar biasa membuat olahraga di Kota Medan lebih menggeliat. Hal ini dibuktikannya dengan menggelar kejuaraan untuk sembilan cabang olahraga. 

Selain itu, Bobby atas nama Pemko Medan juga mengapresiasi dan memberikan tali asih bagi patriot-patriot olahraga Kota Medan yang berprestasi di PON dan Peparnas di Papua. Wali Kota juga mendukung revitalisasi sarana prasarana olahraga di Kota Medan agar lebih berkualitas menjelang PON XXI/2024 di Sumut.

Sementara itu, Eddy Sibarani dikenal sebagai inspirator dan penggagas serta pelaksanaan Porkot Kota Medan, Porwil, dan Porcam (Pekan Olahraga Kecamatan). Eddy juga mencetuskan Program Medan Juara dan Medan Bangkit untuk menyukseskan PON 2024.  (pwi sumut)