STABAT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat menggelar seminar Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 dan peringatan HUT ke-76 di Hotel Grand Stabat, Selasa (22/2).

Turut hadir Plt Bupati Langkat H Syah Afandin SH dan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE.

Dalam sambutannya, Syah Afandin menyampaikan insan pers (wartawan) sangat berperan penting dalam pembangunan negeri. Diharapkan, wartawan mampu menciptakan isu nasional dari daerahnya. Sehingga daerah masing-masing bisa lebih dikenal hingga ke tingkat nasional, bahkan ke dunia internasional.

“Saya merasa senang, karena banyak rekan-rekan pers yang peduli dengan kegiatan positif. Terima kasih kepada PWI Langkat, yang telah giat melaksanakan kegiatan sosial. Saya mengajak rekan-rekan wartawan mengangkat tempat-tempat wisata di Langkat, agar bisa dipromosikan ke skala nasional,” ketus pria yang biasa disapa Ondim itu.

“Wartawan harus meningkatkan profesionalitasnya, sehingga ada manfaat yang dirasakan. Bukan hanya kepada pemerintah, tapi juga dirasakan oleh masyarakat,” tandasnya.

Pengurus PWI Harus Solid

Pada kesempatan yang sama, Farianda sangat mengapresiasi kinerja PWI Langkat dalsm kegiatan HPN kali ini. Dia melihat jejaring PWI Langkat sangat luas dan luar biasa. Hal ini menandakan komunikasi dengan narasumber terjalin dengan baik. Pria berdarah Minang itu menegaskan, agar pengurus PWI di setiap daerah tetap solid dan tidak terpecah belah.

“Saya tidak mau mendengar ada perselisihan dalam tubuh PWI. Jangan saling menjatuhkan. Kita harus profesional dan berkompeten, juga menjadi contoh” lanjut Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut itu.

Tentunya, kata Farianda, PWI akan terus berupaya untuk meningkatkan profesionalitas dan etika wartawan. Insan pers juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dan peraturan yang mengikat profesi wartawan. Kode etik ibarat mahkota bagi wartawan jd harus dijunjung tinggi.

“PWI Sumut akan bekerja sama dengan SPS menggelar Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) dengan menerima 60 peserta dan Insya Allah dilaksanakan tiga kali dalam tahun ini,” kata Farianda.

“Kita membuka kesempatan untuk semua wartawan yang ingin ikut UKW. Tapi harus mengikuti aturan, yakni harus bersedia menjadi anggota PWI,” tandas putra tokoh pers nasional alm H Ibrahim Sinik itu. (pwisumut)