MEDAN – Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara mematangkan persiapan menghadapi Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII yang akan digelar di Malang, 20-27 Oktober 2022.

Dalam rapat yang digelar Siwo dengan PWI Sumut, diputuskan Sumut akan mengikuti delapan cabang olahraga (cabor). Cabor dimaksud adalah atletik, biliar, catur, bridge, tenis meja, futsal, tenis lapangan, dan e-Sport. Sumut juga ikut nomor non medali, seperti karya jurnalistik (tulis dan fotografi), olahraga tradisional (jumpitan dan terompah) serta karaoke.

“Rencananya kontingen Sumut nanti berkekuatan 44 orang yang terdiri atas 28 atlet dan 16 pelatih/ofisial,” kata Ketua Siwo PWI Sumut Jonny Ramadhan Silalahi di Gedung PWI Sumut, Jalan Adinegoro Medan, Jumat (25/2).

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik didampingi Sekjen SR Hamonangan Panggabean juga menyatakan bahwa seleksi akan digelar mulai Maret mendatang secara terbuka. Artinya, anggota biasa PWI Sumut dan sudah lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berhak ikut seleksi.

“Bagi yang lolos seleksi, selanjutnya mengikuti pemusatan latihan daerah yang rencananya mulai Mei nanti. Walau Porwanas masih tujuh bulan lagi, persiapan harus benar-benar matang secepat mungkin,” katanya.

Farianda meminta kepada pengurus Siwo agar benar-benar serius menyiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan persiapan Porwanas, baik dalam hal seleksi atlet maupun sarana prasarana atlet selama menjalani Pelatda.

“Meski Porwanas merupakan ajang silaturahim sesama wartawan Indonesia, prestasi dan medali juga harus diraih. Untuk itu mulai sekarang harus ditetapkan cabang unggulan, jadi bisa dikalkulasi segala kebutuhan dan persiapannya. Sumut harus bisa!” sebut Farianda.

“Kami percaya Siwo bisa menjalankan semuanya, agar persiapan benar-benar matang menuju Porwanas dan membawa pulang medali demi membawa harum Sumut di kancah nasional.” katanya.

Hasil rapat juga memutuskan SR Hamonangan Panggabean sebagai Komandan Seleksi dan Pelatda Porwanas PWI Sumut didampingi Ahmad Rivai Parinduri sebagai wakilnya. (pwisumut)