JAKARTA – Provinsi Sumatera Utara ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang. Sebelumnya, HPN 2022 berlangsung di Kendari pada 6-9 Februari 2022.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari saat makan siang bersama Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Afifi Lubis, Kadis Kominfo Sumut Dr Kaiman Turnip, dan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE di Jakarta, Senin (14/3).

Atal mengatakan penetapan Sumut sebagai tuan rumah HPN 2023 karena menjadi provinsi yang paling siap dibandingkan lainnya. Bahkan, kata Atal, rekomendasi dari Gubernur Sumut, DPRD Sumut, dan PWI Sumut sudah dinyatakan lengkap .

“Ada beberapa daerah memang sudah menyampaikan minatnya, misalnya Provinsi Aceh. Begitu juga Kepulauan Riau, tapi itu masih informal saja. Kalau Sumut memang sudah lengkap semua,” ujar Atal.

Keputusan ditetapkannya sebagai tuan rumah HPN 2023 pun disambut gembira oleh PWI Sumut. Pasalnya, selama sekira hampir 30 tahun Sumut tidak kebagian menjadi tuan rumah penyelenggaraan HPN.

“Alhamdulillah, hari ini sudah diputuskan Sumut mendapat kehormatan menjadi tuan rumah HPN 2023. Sebagai Ketua PWI Sumut, saya merasa senang, bangga, dan terharu karena sudah hampir 30 tahun Sumut tidak kebagian tuan rumah. Terima kasih kepada Ketua PWI Pusat berikut jajarannya atas kepercayaan untuk Sumut menggelar HPN 2023,” kata Farianda.

“Tak lupa terima kasih dan apresiasi atas dukungan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting,” sebut Farianda lagi.

Farianda berharap HPN yang akan datang digelar berjalan dengan sukses dan lancar.

“Karena seperti kita tahu, dampak positif HPN itu salah satunya menaikkan pendapatan ekonomi daerah bagi tuan rumah. Demikian juga akan ada isu-isu nasional yang dilahirkan nantinya pada HPN 2023,” imbuhnya.

Pemprov Sumut turut menyambut antusias kepercayaan yang diberikan oleh PWI Pusat terkait penunjukan Sumatera Utara sebagai tuan rumah HPN 2023.

“Ini merupakan sebuah kebanggaan dan sudah barang tentu kita akan mempersiapkan event tersebut. Kita tahu benar bahwa keberadaan wartawan sebagai pendukung proses pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan itu sangat penting sekali,” tutur Pj Sekdaprovsu.

Usai jamuan makan siang yang juga dihadiri anggota Dewan Pers Agus Sudibyo, Sekjen PWI Mirza Zulhadi, Ketua Bidang Organisasi Zulkifli Gani Ottoh, Ketua Bidang Pendidikan Nurjaman Mohtar, Ketua Bidang Siber dan IT Auri Jaya, Bendahara Mohammad Ichsan, dan Wakil Bendahara Dar Edi Yoga, acara dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan PWI Pusat tentang penunjukan Sumatera Utara sebagai tuan rumah HPN 2023. (pwisumut)