MEDAN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara (Sumut), H Farianda Putra Sinik SE, menyambut baik dan mendukung kepengurusan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) Sumut yang dipimpin Nurni Sulaiman.

“Kita support rekan-rekan jurnalis perempuan yang tergabung di FJPI. Ke depan kita juga bisa bersinergi dalam berbagai program peningkatan kompetensi jurnalis perempuan. Saya senang kehadiran kawan-kawan FJPI di kantor kami, karena ini (Gedung PWI Sumut) adalah rumah besar kita bersama,” tutur Farianda di Sekretariat PWI Sumut, Jalan Adinegoro Medan, Rabu (23/3).

Ketua FJPI Sumut Nurni Sulaiman didampingi Sekretaris Siti Amelia dan Humas Hafnida Dalimunthe. Sementara itu, Farianda didampingi Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan, Wakil Ketua Bidang Siber & Multimedia Austin Tumengkol, dan Ketua Seksi Pemerintahan, Politik, dan Hankam Mery Ismail.

Dalam pertemuan dua organisasi pers tersebut, Farianda memberikan lampu hijau kepada anggota PWI untuk aktif di dalam wadah yang spesifik untuk jurnalis perempuan tersebut.

“Kami sangat ketat soal itu (aturan bahwa anggota PWI menjadi anggota organisasi pers lainnya yang berbadan hukum atau konstituen Dewan Pers). Namun sampai saat ini, belum ada edaran dari pusat terkait hal itu. Jadi, saat ini kami belum memberlakukan pelarangan tersebut,” tuturnya.

Dikatakan PWI membuka peluang kerja sama dengan FJPI dalam berbagai kegiatan yang akan diadakan, terutama berkaitan dengan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 dengan Provinsi Sumatera Utara sebagai tuan rumah.

Terkait dengan peningkatan kapasitas jurnalis perempuan khususnya anggota FJPI, Farianda menyambut baik keikutsertaan anggota FJPI mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan PWI

“Nanti bulan Mei, kita akan mengadakan dua gelombang UKW. Yang pertama ada kuota 18 peserta, tapi kedua lebih banyak sekitar 60 peserta. Nanti anggota FJPI akan kami berikan kuota untuk uji kompetensi,” ujar Farianda.

Selain itu, Farianda menyambut baik adanya wacana pembentukan dojang taekwondo PWI Sumut. Diketahui, Ketua FJPI Sumut juga pelatih taekwondo pemegang sabuk hitam DAN IV Kukkiwon atau internasional. “Terima kasih atas atensi Ketua PWI Sumut dan pengurus lainnya. Semoga ke depan sinergitas antara FJPI dan PWI dapat terjalin lebih erat,” ujar Nurni.  (pwisumut)