MEDAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Sumut menjalin kerja sama bidang pendidikan.

Naskah nota kesepahaman ditandatangani dalam acara Rapat Kerja Wilayah APTISI Sumut di Hotel Le Polonia Medan, Rabu (25/5). Penandatangan nota kesepahaman ditandatangani Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik diwakili Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo MA.

Ketua APTISI Sumut, Dr H Muhammad Isa Indrawan SE MM, mengatakan kerja sama ini untuk memenuhi kebutuhan perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas dan mutu. Khusus untuk PWI Sumut, kerja sama ini memberi kemudahan dan subsidi biaya kuliah bagi wartawan anggota PWI Sumut yang melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi anggota APTISI.

“Mudah-mudahan kerja sama ini menguntungkan kedua belah pihak dan berguna dalam meningkatkan pendidikan, ” ujar Isa.

Sugiatmo MA mengatakan PWI Sumut menyambut baik kerja sama dengan APTISI Sumut. Melalui kerja sama ini akan dapat menambah semangat bagi wartawan anggota PWI untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, sehingga nantinya memiliki wawasan yang lebih luas.

“Sejumlah anggota PWI Sumut saat ini juga ada yang berprofesi sebagai dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta. Ini menunjukkan bahwa anggota PWI serius dalam meningkatkan jenjang pendidikan,” ujar Sugiatmo.

Lebih lanjut, Sugiatmo memaparkan PWI Sumut memiliki program Goes to Campus untuk memberikan pendidikan jurnalistik di kampus-kampus. Hal ini agar mahasiswa lebih kreatif dan inovatif di bidang jurnalistik.

Selain itu, PWI Sumut juga memiliki lahan sepuas 14,5 hektare yang 40 persen bisa dimanfaatkan untuk tempat penelitian dan praktik, khususnya program studi pertanian.

Kerja sama Aptisi juga dilakukan dengan BTN, Bank Bukopin Syariah, Berkah Mandiri Belajar, dan BPJS Ketenagakerjaan. (pwisumut)