PANTAI CERMIN – Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, mengakui pers merupakan mitra penting bagi semua lembaga, baik eksekutif, legislatif, yudikatif maupun swasta dalam membangunbangsa dan negara, khususnya masyarakat Sumatera Utara.

“Tanpa peran pers, kami semua baik yang ada di legislatif dan eksekutif tidak bisa berbuat apa-apa. Karena itu, pers itu mitra penting yang harus dirangkul,” ujar Baskami saat menghadiri Family Gathering Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut di Theme Park Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (4/6).

Baskami yang menerima penghargaan ‘Sahabat Pers’ dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut pada November 2020 lalu, berharap PWI terus bermitra dengan pemerintah termasuk DPRD Sumut. Pasalnya, banyak hal yang bisa disumbangkan untuk membangun Sumut sesuai fungsi pers.

“Kita percaya, pers khususnya di bawah payung PWI Sumut, tetap menjalankan fungsinya secara profesional sesuai kode etik jurnalistik dan aturan yang ada, karena tidak zamannya lagi menyajikan berita hoax. Melalui silaturahim, keluarga besar PWI Sumut harus tetap solid dan kompak membangun bangsa serta mencerdaskan masyarakat melalui penyajian berita,” sebut politisi PDI Perjuangan tersebut.

Sebelumnya, Gubsu Edy Rahmayadi mengajak PWI ikut membenahi perekonomian dan berharap wartawan terus mengawalpembangunan di Sumut. Disebutkan, wartawan menjadi instrumen penting dalam pembangunan, terutama dalam penyebarluasan informasi.

“Wartawan Sumut harus memiliki ikatan kuat dan tidak terpecah belah serta terus menjaga profesionalitas. Bekerjalah profesional dan independen. Silakan kritik membangun, karena Sumut milik kita bersama,” pesan Gubernur Sumut.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, menambahkan kegiatan family gathering dilaksanakan sebagai wujud kebersamaan keluarga besar wartawan untuk saling mengenal satu sama lain dan mempererat tali silaturahim.

“Kami ingin membangun daerah, jadi tolong connect-kan agar kerja kami (bupati dan wakil bupati) bisa menyejahterakan masyarakat,” pinta Bupati Sergai Darma Wijaya juga berharap wartawan mempublikasi berita yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ketua Panitia, Austin Tumengkol, turut berterima kasih kepada semua mitra yang telah membantu dan mendukung suksesnya Family Gathering PWI Sumut, baik bantuan moril, materil maupun hadiah lucky draw termasuk dari Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting.

“Terima kasih kepada para mitra, mulai dari Pemprovsu, Pemkab Sergai, Poldasu, Polrestabes Medan, DPRD Sumut, PKB, Asian Agri, Telkomsel, Indosat, Indako Trading Coy, PITI Medan, Parlindungan Purba, STIK-P Medan, Universitas Medan Area, KONI Sumut, Dispora Sumut, Merry Amelia, Bunda Indah, Dandim 0201/Medan, Theme Park Pantai Cermin, Kapolres Belawan, dan mitra lainnya yang tak dapat kami sebut satu per satu,” kata Austin. (pwisumut)