Family Gathering Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara di Theme Park Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai, banyak meninggalkan lembaran sejarah yang tak terlupakan, mulai dari kebersamaan hingga “Sabtu Ceria dibalut dalam warna Gembira Ria” setelah melalui perjalanan kurang lebih dari 12 jam dari tanah Dalihan Natolu Kabupaten Padang Lawas Utara.

Riuh rendah deburan ombak di bibir pantai, langit yang biru, dan gumpalan awan yang berwarna putih menjadi daya tarik tersendiri bagi anggota PWI Sumatera Utara. Polesan tangan panitia dalam merencanakan dan membuat kegiatan berjalan lancar dengan hadiah lucky draw menarik dengan balutan tawa dan canda membaur menjadikan sabtu riang gembira bagi seluruh anggota PWI Sumatera Utara.

Mulai dari Gubernur Sumatera (Gubsu) H Edy Rahmayadi bertemu dengan Gubsu ke-15 Dato’ Seri H Syamsul Arifin SE dan Bupati Sergai Darma Wijaya, dan Ketua DPRD Sumatera Utara Baskami Ginting serta mitra kerja PWI menyatu, menyapa ria dalam kebersamaan di Family Gathering PWI Sumut. Mereka lepas semua atribut yang disandang oleh masing-masing individu. Semua lepas menjadi satu, tanpa adanya perbedaan status sosial, pangkat, martabat di tengah riuhnya kegembiraan seribuan peserta dan keluarga besar PWI Sumut yang datang dari perbatasan Sumatera Barat hingga Aceh.

Edy Rahmayadi yang diberikan kesempatan untuk menyapa dan memberi sambutan paling semangat, di mana tempat tersebut memiliki sejarah baginya untuk mengulang memori masa muda di Pantai Cermin.

Gubernur juga berpesan agar pers yang tergabung di PWI Sumut menyebarkan informasi dan kritik yang membangun kepada pemerintah. Gubsu juga mengingatkan agar wartawan Sumut lebih memiliki ikatan yang kuat dan tidak terpecah belah.

Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik juga menyahuti keinginan dari Gubsu, di mana pemberitaan media di Sumut tak selamanya bad news terhadap kinerja pemerintah dan pejabat, sebab banyak pula keberhasilan program pembangunan yang disajikan media untuk diketahui masyarakat.

Kehangatan dan kekeluargaan besar PWI Sumut tampak sumringah lagi ,maka tokoh yang paling bahagia justru Ketua PWI Sumut bersama Austin Tumengkol dan Amru Lubis (ketua dan sekretaris panitia) bersama panitia yang telah mengajarkan semua bisa semua luar biasa.

Rasa satu hati, rasa kekeluargaan mulai kami rasakan dalam moment tersebut, tatkala Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik SE bersama panitia mengundang keluarga besar PWI Sumatera Utara turut bernyanyi dan berdendang riang. Mulai dari tarik tambang hingga alunan musik yang memberikan hiburan ringan membuat hati tenteram dan damai serta mengilhami kami mengedepankan rasa kebersamaan serta memahami arti sebuah kekeluargaan.

Semua itu tampak gembira membuat kami semangat dan motivasi dalam membangun rumah besar PWI Sumut, yakni “Satu Hati”. Sesuai tema “Bersama PWI Merajut Silaturahim, Kita Kuatkan Semangat Profesi” digelar di bawah tenda dan panggung sarana wisata air yang terkenal di tanah air tersebut.

Moment Family Gathering yang digagas Ketua PWI Sumatera Utara Farianda Putra Sinik sukses dan menghilangkan semua perbedaan yang ada. Di tengah penatnya kehidupan profesi wartawan membuat tangan tangan dingin dan warna inspirasi Ketua PWI Sumut didampingi Sekretaris SR Hamonangan Panggabean serta Ketua Panitia Austin Tumengkol dan Sekretaris Amru Lubis menjadikan family gathering sebagai solusi saling bersama dalam ikatan keluarga besar PWI Sumut.

Banyak manfaat yang kami dapat dari kegiatan Family Gathering PWI Sumut yang digelar di Theme Park Pantai Cermin, yakni ajang silaturahmi dan kebersamaan, menghilangkan perbedaan dan bermanfaat untuk detoksifikasi dan mencegah depresi serta banjirnya hadiah lucky draw dipandu hiburan di pantai mengurangi stres.

Semoga kegiatan ini berkesinambungan dan bukan hanya melaksanakan family gathering, tetapi wisata lainnya seperti wisata religi dan wisata budaya pun kelak bisa dilaksanakan. Penulis yakin kalau anggota solid dan memiliki rasa kekeluargaan yang kuat, maka PWI Sumut bisa menjadi contoh bagi komunitas atau perkumpulan serupa lainnya.

*Penulis: Tohong P. Harahap (Harian Analisa)