Pers di bawah payung PWI hari jadinya diperingati setiap tanggal 9 Februari yang ditetapkan oleh tokoh pers menjadi Hari Pers Nasional (HPN) merupakan mitra strategis, begitu penting bagi semua lembaga baik eksekutif, legislatif, judikatif, dan lembaga swasta yang ada membangun bangsa dan negara, khususnya masyarakat Sumatera Utara.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut saat ini di bawah pimpinan H. Farianda Putra Sinik SE diyakini tetap menjalankan fungsinya secara profesional, sesuai Kode Etik Jurnalistik dan aturan yang ada sekaligus dapat menangkal berita hoaks yang beredar di tengah masyarakat luas.

Silaturahmi Keluarga Besar PWI yang dikemas dalam Family Gathering PWI Sumut, cukup mendapat sambutan positif dan dinilai sukses buat seluruh panitia. Meski cukup meriah turut dihadiri para anggota PWI Kabupaten/Kota di Sumut dan keluarga, nuansa santai mampu merajut silaturahmi yang menggambarkan penuh rasa persaudaraan di kalangan insan pers dan keluarga yang terkesan sangat merindukan moment kegiatan ini.

Kegiatan Family Gathering PWI Sumut tidak hanya merupakan ajang silaturahmi keluarga besar PWI yang digelar dengan bertabur hadiah lucky draw, namun di balik itu tersimpan makna yang lebih penting dalam upaya ikut mendukung dan bersama-sama bergandeng tangan membenahi perekonomian di Sumatera Utara.

Seperti yang disampaikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi sangat membutuhkan dukungan PWI terhadap yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan sekaligus mengajak insan pers terus mengawal pembangunan di Sumatera Utara karena wartawan menjadi instrumen penting pembangunan, terutama dalam penyebarluasan informasi.

“Pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara pada Semester I tahun 2022 sebesar 3,90 % di bulan yang sama tahun 2020 sebesar 5,12 %. Sedangkan posisi enam bulan lalu atau Januari 2022 berada pada posisi 3,16 %. Dalam posisi 5,12 % saja sulit, apalagi di posisi itu jadi semua harus bergandengan tangan memulihkan perekonomian. Kita targetkan perekonomian kita berada di posisi 7 %, nah kalau d iposisi itu maka UMR bisa Rp5 juta dan kita bisa senyum,” ucap Edy Rahmayadi.

Family Gathering PWI Sumut digelar di Theme Park Pantai Cermin ternyata cukup mendapat sambutan antusias dari tuan rumah, yakni Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya. Secara gambling, bupati mengakui bahwa gebyar kegiatan Family Gathering PWI Sumut ternyata dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Serdang Bedagai.

Dalam perbincangan singkat dengan penulis, Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya menjelaskan bahwa kegiatan berdampak meningkatkan PAD Kabupaten Serdang Bedagai yang hanya bersumber dari sektor pariwisata dan pertanian. Melalui kegiatan PWI Sumut ini, Kabupaten Serdang Bedagai yang dijuluki “Tanah Bertuah Negeri Beradat“ tentu sangat berterima kasih dan memberi apresiasi.

“Di samping itu, kami bisa mempromosikan objek wisata di Kabupaten Serdang Bedagai. Selain pantai, kami juga memiliki objek wisata gunung, salah satunya di Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis yang memiliki objek wisata arung jeram sudah masuk 50 besar di Indonesia dan bersiap meraih peringkat 12 besar. Dukungan penyebaran informasi dari PWI sangat kami harapkan,” ujar Bupati Sergai dalam perbincangan singkatnya dengan penulis.

Tidak terlalu berlebihan jika penulis berasumsi kegiatan Family Gathering PWI Sumut merupakan upaya kegiatan membenahi ekonomi Sumatera Utara, terutama di Kabupaten Serdang Bedagai yang dijadikan sebagai tuan rumah.

Tidak tertutup kemungkinan apabila moment kegiatan seperti Family Gathering dilaksanakan beberapa hari, dibarengi pula dengan gebyar pasar murah bekerja sama dengan instansi terkait dan PWI kabupaten/kota yang ditunjuk sebagai tuan rumah, maka peran PWI sebagai penyebar informasi juga mampu mewujudkan secara nyata mendukung perbaikan ekonomi masyarakat Sumatera Utara.

*Penulis: Efendi Lubis (Harian Analisa)