LUBUKPAKAM, Waspada.co.id – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Deliserdang periode tahun 2022-2025 diminta menjaga kekompakan berorganisasi, sehingga profesionalitasnya tetap konsisten dan objektif dalam melaksanakan tugas jurnalistiknya.

Demikian disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar saat menghadiri pelantikan PWI Deliserdang, Selasa (28/6). Pelantikan sendiri dilakukan oleh Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik di Balairung Pemkab Deliserdang, Lubukpakam.

“PWI ini organisasi besar, tidak milik pribadi, tapi milik bersama pengurus dan anggotanya. Karena itu, jagalah kekompakan dan bangun sinegritas dengan pemerintahan lewat profesionalitas kewartawanan,” ujar Yusuf.

Dalam sambutannya, Farianda menjelaskan bahwa PWI Deliserdang sebagai organisasi profesi di daerah berasal dari wartawan yang kompeten sebagaimana syarat menjadi anggota PWI. Selain itu, Farianda berharap PWI Deliserdang bersiap-siap menjadi penerima delegasi insan pers pada Hari Pers Nasional (HPN) 2023 mendatang di Sumut.

“Pak bupati dan wakil bisa tenang (dalam bekerja), karena PWI diuji lewat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Nah, jika semua wartawan di luar PWI juga lulus UKW, maka bapak-bapak lebih tidak khawatir lagi, maka ini juga jadi fokus kami di Sumut dengan menggalakkan penyelenggaraan UKW,” ujar Farianda.

Ketua PWI Deliserdang, Lisbon Situmorang, mengatakan siap menjalankan amanah untuk tiga tahun ke depan. Selain itu, PWI Deliserdang menegaskan kesiapannya turut menyukseskan gelaran HPN 2023 di Sumut.

Pengurus PWI Deliserdang periode 2022-2025 yang dilantik adalah Lisbon Situmorang (Harian SIB/ketua), Edward Limbong (Waspada/sekretaris), Rinaldi Samosir (mistar.id/bendahara), Khairul Kamal Siregar (Waspada/wakil ketua), Amirul Khair (Analisa/wakil ketua), Jekson Turnip (SIB/wakil ketua), Roni Hutahean (SIB/wakil sekretaris), Zul Rasyad Efendi Harahap (SKM Monitor/wakil sekretaris), dan Desra Gurusinga (SIB/wakil bendahara). (pwisumut)