MEDAN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, menegaskan pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 merupakan pekerjaan besar yang tidak bisa dianggap enteng.

Hal itu dikemukakan Farianda saat memimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan HPN 2023 di Aula Transparansi Dinas Kominfo Sumut, Jalan HM Said Medan, Kamis (30/6). Turut hadir Plt Kadis Kominfo Sumut Dr Kaiman Turnip, mantan Kadis Kominfo Sumut Dr Eddy Syofian, Ketua STIK-P Medan Dr H Sakhyan Asmara MSP, dan Dekan Fisip UMSU Dr Arifin Saleh Siregar.

Selain itu, ada Sekretaris SMSI Sumut Erris J Napitupulu, Ketua JMSI Sumut Rianto Aghly, Wakil Ketua SPS Sumut Hendrik Prayetno, Ketua Siwo PWI Sumut Johny R Silalahi, tokoh-tokoh pers H Teruna Jasa Said, Sulben Siagian, Roni Simon serta Austin Tumengkol dan Rifki Warisan yang juga pengurus PWI Sumut.

“Karena ini menyangkut marwah kita, dari mulai tamu datang, kita buat mereka tetap tersenyum, gubernur juga sudah berpesan HPN jangan hanya sekadar seremonial, harus berkesan. Makanya, kami ingin sinergikan dan melibatkan seluruh stakeholder,” ucap Farianda.

Farianda berharap seluruh stakeholder, tokoh, dan pelaku pers di Sumut bisa berkolaborasi guna menyukseskan HPN 2023, sehingga pelaksanaannya berjalan sukses dan maksimal. Farianda juga mengatakan HPN 2023 akan melibatkan kampus-kampus ilmu komunikasi dalam pelaksanaan seminar dan lainnya.

“Nanti kita juga harapkan keterlibatan adik-adik mahasiswa dari STIK-P, UMSU, USU, dan lainnya dalam berbagai rangkaian kegiatan HPN 2023,” ungkap Farianda yang juga Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut tersebut.

Plt Kadis Kominfo Sumut, Kaiman Turnip, mengharapkan pelaksanaan rangkaian kegiatan HPN 2023 tersebar di kabupaten/kota yang ada di Sumut. Langkah tersebut dilakukan agar dapat mengenalkan keragaman dan potensi daerah.

Kaiman juga mengharapkan HPN 2023 dapat bernuansa lokal dan tidak hanya seremonial belaka. Karena itu, pelaksanaannya harus memberi kesan dan pengaruh yang membekas pada tamu yang notabene wartawan dari seluruh Indonesia tersebut.

“Harapan kami memang kegiatan ini bisa bernuansa lokal yang berpengaruh nasional bahkan internasional,” kata Kaiman.

Arifin Saleh Siregar berpendapat HPN di Sumut merupakan kegiatan yang strategis karena sedikitnya 10 ribu wartawan se-Indonesia akan datang berkunjung. Karena itu, HPN juga menjadi momentum untuk promosi berbagai potensi dan kekayaan daerah di Sumut.

“Apalagi, Sumut juga menjadi tuan rumah PON 2024. Ini kerja berat dan panjang, kita ingin Sumut mampu dan jadi tuan rumah yang baik,” ujar Arifin. (pwisumut)