LUBUKPAKAM, Waspada.co.id – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut H Farianda Putra Sinik SE, diberi mahkota tanjak tanda kehormatan oleh Sultan Serdang Tengku Ahmad Tala’a, Selasa (28/6).

Mahkota tanjak penutup kepala tradisional Melayu itu diberikan Sultan Serdang di sela-sela pelantikan PWI Deliserdang yang diadakan di Balairung Pemkab Deliserdang, Lubukpakam. Penyerahan itu sebagai bentuk penghargaan sultan terhadap PWI selaku organisasi yang mengusung profesionalitas wartawan.

Dalam sambutannya, Farianda Putra Sinik mengatakan bahwa wartawan yang profesional dilihat dari kompetensinya. Disebutkan, wartawan diwajibkan kompeten sebagai salah satu syarat masuk menjadi anggota PWI.

“Uji Kompetensi Wartawan (UKW) menjadi prioritas kami. Kebetulan, tanggal 29-30 Juli mendatang, UKW akan kami gelar kembali bekerja sama dengan SPS Sumut,” sebutnya.

Selain itu, pria berdarah Minang ini juga menjelaskan bahwa PWI Sumut sedang persiapan menggelar Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dipusatkan di Sumatera Utara pada Februari mendatang.

“Saya sampaikan PWI Deliserdang yang pertama kali menyambut tamu peserta HPN 2023 di Bandara Kualanamu. Karena itu, persiapan HPN ini akan disusun rapi karena Sumut terakhir menjadi tuan rumah pada 30 tahun lalu,” ungkap Farianda.

Sultan Serdang Tengku Ahmad Tala’a yang juga Wakil Ketua DPRD Deliserdang mengatakan bahwa wartawan yang tergabung dalam PWI tergolong professional dan tugasnya dilindungi oleh Undang-Undang Pers maupun Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

“Untuk itu insan pers terus dituntun secara inovatif dan profesional, memegang teguh terhadap kode etik. Saya berharap wartawan anggota PWI ini mempertahankan profesionalitasnya dan senantiasa bersinergi dengan pemerintahan sebagai mitra kritis, tapi konstruktif,” ujar Ahmad Tala’a. (pwisumut)