PADANGSIDIMPUAN – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan khusus mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan (UGNP) akan menggelar pelatihan dasar jurnalistik dengan menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

Hal itu diungkapkan Rektor UGNP diwakili Dekan Fisipol UGNP Dra Hj Nursiah Hasibuan MAP didampingi Wakil Dekan III Fisipol Edi Epron Sihombing SSos MAP di sela kunjungan silaturahim dengan Pengurus PWI Tabagsel di Padangsidimpuan, Jumat (1/7).

Kedatangan Dekan dan Wakil Dekan III disambut Ketua PWI Tabagsel Sukri Falah Harahap didampingi Wakil Ketua Mohot Lubis dan Riswandy serta Sekretaris Ikhwan Nasution. Hj Nursiah mengatakan penguatan sinergitas antara kedua lembaga bukan hanya sebatas Fisipol, melainkan UGNP secara keseluruhan.

“Khusus dengan Fisipol sendiri, salah satu capaian profil kami karena salah satu mata kuliahnya jurnalistik. Sehubungan itu, dibutuhkan penguatan kompetensi mahasiswa dalam bidang jurnalistik,” kata Nursiah.

Edi Efron menambahkan pihaknya akan menggelar pengenalan dan pelatihan dasar jurnalistik dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang tersebut. Ditambahkan, perwakilan PWI Tabagsel nanti akan menjadi narasumber pelatihan.

“Kemampuan memahami ilmu jurnalistik bisa dijadikan sebagai soft skill mahasiswa. Nantinya bisa dijadikan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), namun tentu harus ada MoA (Memorandum of Agreement) antara UGNP dengan PWI Tabagsel lebih dulu, ” tuturnya.

Ketua PWI Tabagsel, Sukri Falah Harahap SSos, menyambut baik keinginan UGNP meningkatkan sinergitas. Selain itu, PWI Tabagsel diakui siap memberi pencerahan dan penguatan pemahaman jurnalistik terhadap mahasiswa Fisipol UGNP. (pwisumut)