MEDAN – Serikat Perusahaan Pers (SPS) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara menggelar Workshop Pra-UKW bagi wartawan se-Sumatera Utara di Hotel Le Polonia Hotel Medan, Rabu (27/7).

Ketua Panitia Drs Agus Salim Ujung mengatakan gelaran workshop pra-UKW bertujuan untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang profesional, beretika, dan bermartabat jelang dilaksanakannya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 29-30 Juli nanti.

“Workshop dan UKW nanti diikuti sebanyak 60 orang yang berasal dari Sumatera Utara. Nantinya, 60 peserta terbagi dalam 10 kelas (1 utama, 2 madya, 7 muda),” ucapnya.

Ketua SPS Sumut, Farianda Putra Sinik, mengatakan workshop pra-UKW dilaksanakan untuk membekali peserta siap mental dan pengetahuan saat ujian. Di samping itu, Farianda juga Ketua PWI Sumut menekankan pentingnya kedisiplinan dalam mengikuti UKW tersebut.

”Pra-UKW ini dilakukan sebagai sarana untuk mempersiapkan para peserta agar siap secara mental dan pengetahuan, di samping pentingnya kedisiplinan terutama berkaitan dengan waktu” ujarnya mengimbau wartawan tetap berpegang pada kode etik dan pedoman perilaku wartawan, dalam menjalankan tugas jurnalistik sehari-hari.

Dalam sambutannya sekaligus membuka resmi kegiatan workshop tersebut mewakili Dinas Kominfo Sumut, Kabag Pengelolaan dan Komunikasi Publik Abdul Aziz mengatakan Pemprov Sumut tetap komit membantu dalam pengembangan kemampuan wartawan dalam rangka mendorong kesuksesan Provinsi Sumatera Utara.

Azis menambah di era modern yang semakin banyaknya media pemberitaan saat ini. Karena itu, melalui UKW yang diselenggarakan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kemampuan wartawan khususnya di Sumut.

“Di era modern seperti saat ini dengan makin banyaknya bertambah media pemberitaan, Pemprov Sumut berharap kegiatan UKW ini mampu meningkatkan kompetensi dan kemampuan wartawan di Sumut dalam mendukung pembangunan Sumut,” ucap Abdul Azis.

Kegiatan dihadiri Ketua DK PWI Sumut M Syahrir, pengurus SPS Sumut, pengurus PWI Sumut, dan lainnya. (pwisumut)