PANYABUNGAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bekerja sama dengan PT Sorik Marapi Geothermal Power (PT SMGP) membuka pendaftaran Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang muda.

Ketua PWI Madina, Muhammad Ridwan Lubis, menjelaskan kegiatan UKW untuk jenjang muda ini merupakan kerja sama dengan PT SMGP. Pihaknya pun sudah koordinasi dengan Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik didampingi pengurus lainnya.

“Berdasarkan hasil koordinasi pengurus PWI Madina dengan PWI Sumut, pelaksanaan UKW direncanakan awal bulan September nanti,” Ridwan, Selasa (9/8).

Untuk pendaftaran dibuka mulai Rabu (10/8) sampai dengan Sabtu (13/8) di Sekretariat Kantor PWI Madina, Jalan Willem Iskander, Pidoli Dolok, Kecamatan Panyabungan. Mengingat kuota dan jumlah kelas terbatas, calon peserta UKW akan diprioritaskan hanya wartawan yang ada di Kabupaten Madina.

Adapun persyaratan meliputi pasfoto 3×4 (background biru/merah), fotokopi KTP, CV, surat pernyataan bukan bagian parpol/pemerintah/swasta/Tni/Polri (bermaterai) kecuali RRI, TVRI, dan LKBN Antara, mengisi formulir pendaftaran.

Lalu mengisi Surat Pernyataan Masuk Anggota PWI (kalau sudah anggota, lampirkan fotokopi kartu PWI), menyertakan bukti pengalaman dan karya jurnalistik, menyertakan dua berita yang sudah terbit, menyertakan surat tugas/rekomendasi dari media tempat bekerja, fotokopi SK Kemenkumham Media, dan fotokopi bukti media sudah verifikasi faktual/administrasi oleh Dewan Pers.

Apabila media belum terverifikasi, maka melampirkan akta perusahaan (dengan ketentuan Pasal 3 menerangkan media bergerak di bidang perusahaan pers). Informasi lebih lanjut dan pengiriman berkas lewat pdf dikirim melalui nomor 082273569260 (Fadli) atau diantar langsung ke PWI Madina. (pwisumut)