MEDAN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik SE, mengamanahkan Seksi Seni, Budaya, dan Pariwisata menggelar lomba baca puisi/parade puisi dan karya tulis memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Kegiatan tersebut juga sekaligus dirangkai haul ke-100 tahun Chairil Anwar yang juga sastrawan dan pahlawan nasional,” ungkap Farianda didampingi Ketua Panitia Idris Pasaribu, Sekretaris Husor Parissan Sitompul, dan Bendahara Eli Marlina di Gedung PWI Sumut, Selasa (9/8).

Farianda menambahkan lomba baca puisi berhadiah uang tunai, trofi Ketua PWI Sumut, dan piagam. Pemenang lomba karya tulis berhadiah uang tunai dan piagam.

Dikatakan, momentum HUT ke 77 RI yang dirangkai dengan haul ke-100 tahun Chairil Anwar dinilai penting untuk diperingati kalangan insan pers. Karena karya-karya sastra telah banyak memperkaya khasanah tulisan para wartawan.

Ketua PWI Sumut mengakui karya-karya sastra, seperti puisi-puisi ciptaan Chairil Anwar, sesungguhnya patut dijadikan inspirasi wartawan di era sekarang. Hal ini agar produk jurnalistik yang dihasilkan bisa lebih berkualitas dan bermakna.

Ketua Panitia Idris Pasaribu menjelaskan lomba baca puisi yang diperuntukkan untuk umum akan digelar pada 27 Agustus 2022 pukul 09.00-17.00 WIB. Nantinya, peserta wajib membaca puisi karya Chairil Anwar berjudul “Karawang-Bekasi” ditambah puisi pilihan “Huesca” atau “Senja di Pelabuhan Kecil”. Parade puisi dilanjutkan pada malam hari mulai pukul 20.00 WIB.

“Untuk peserta parade puisi, panitia bakal mengundang sejumlah pejabat, akademisi, dan wartawan senior untuk membacakan puisi hasil karya sendiri,” ungkap mantan redaktur Budaya Harian Analisa ini.

Lomba karya tulis dikhususkan bagi insan pers dengan mengambil tema “77 Tahun Indonesia Merdeka, Apa yang Telah Dicapai?”. Peserta bebas menentukan judul maupun sudut pandang (angle) tulisan, baik dari sisi ekonomi, politik maupun sosial budaya.

Bukti karya tulis diterbitkan di media cetak masing-masing dikirimkan ke sekretariat panitia paling lambat Sabtu (20/8) mendatang di Gedung PWI Sumut Parada Harahap, Jalan Adinegoro Medan. Tulisan yang diposting di media daring harus diprint dan mengirim link ke WA 0813-7098-2299 (Seksi Acara Evalisa Siregar).

“Para tokoh yang datang pada malam pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang (27 Agustus), akan didaulat membaca puisi karyanya sendiri,” ucapnya. (pwisumut)