16 Peserta UKW Madina Dinyatakan Kompeten


PANYABUNGAN – Sebanyak 16 orang peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Kabupaten Mandailing Natal dinyatakan kompeten (lulus) oleh penguji.

Uji kompetensi wartawan Angkatan ke-43 ini sendiri diikuti sebanyak 23 orang peserta dari berbagai media yang ada di kabupaten itu.

Kegiatan ini merupakan program PWI Mandailing Natal (Madina) bekerjasama dengan PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP).

Uji kompetensi ini berlangsung selama dua hari mulai dari hari Sabtu (3/9) hingga hari Minggu (4/9) di ballroom D’San Hotel Kelurahan Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Madina.

M. Syahrir mewakili Tim Penguji, Minggu (4/9) menyampaikan, jumlah peserta yang mendaftar pada UKW ini berjumlah 24 orang peserta, sementara yang hadir pada saat ujian berjumlah 23 orang peserta.

“Peserta yang mendaftar berjumlah 24 orang, yang hadir 23 orang. Dinyatakan kompeten sebanyak 16 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik mengapresiasi pelaksanaan UKW tersebut.

“Saya senang dengan apa yang dilakukan PWI Madina saat ini, geliat organisasinya begitu nyata dan terasa sehingga menjadi contoh bagi PWI Kabupaten lainnya,” katanya.

Farianda menyebut, kelulusan peserta merupakan domain penguji, ketua maupun pengurus PWI tidak bisa melakukan intervensi.

“Sebelumnya UKW di Medan ada 57 peserta dan 9 di antaranya tidak lulus. Sama dengan ujian masuk PWI kemarin, dari 140 peserta 23 dinyatakan tidak lulus,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, peningkatan kompetensi wartawan merupakan salah satu misinya dalam mengemban amanah sebagai Ketua PWI Sumut.

Untuk itu, kata dia ke depan PWI Sumut berencana mendirikan lembaga pendidikan jurnalistik gratis yang disiapkan untuk meningkatkan kualitas jurnalis di Sumut. (pwisumut)