PERBAUNGAN – Minat membaca di kalangan para pelajar masih tergolong rendah. Padahal lewat aktivitas membaca, banyak manfaat yang bisa didapat terutama wawasan. Jika wawasan luas, cara pandang dan kualitas pemikiran seseorang bisa membaik. Selain buku, sumber referensi bacaan yang gampang diakses dan berkualitas adalah koran.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Serdang Bedagai H Adlin Umar Yusri Tambunan saat membuka Kampanye Gemar Membaca Koran Milenial di Lapangan Kelurahan Batang Terap, Kecamatan Perbaungan, Rabu (14/9).

Pada acara yang diikuti kurang lebih 1.500 siswa SMP negeri dan swasta di Kecamatan Perbaungan ini, Wabup bercerita dirinya sempat berlangganan surat kabar. Adlin mengaku gemar mencari informasi terbaru terkait ekonomi, politik, budaya, dan sepakbola.

“Berita di koran ini diterbitkan setelah menjalani proses yang memiliki standar, sehingga isinya bisa dipertanggungjawabkan dibandingkan informasi di media sosial. Adik-adik sekalian bisa menjadikan surat kabar sebagai salah satu sumber referensi terpercaya untuk menambah wawasan,” ujar Adlin.

“Tidak semua tempat bisa dijangkau oleh badan, tapi cukup dengan membaca, kita bisa melihat dunia,” ungkapnya lagi.

Wabup Sergai pun mengapresiasi Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut yang telah menggagas terlaksananya kampanye membaca koran tersebut. Dia berharap agar kegiatan semacam ini bisa berkontribusi terhadap kualitas literasi generasi muda Sergai.

Ketua SPS Sumut, H Farianda Putra Sinik, mengaku bangga dan bahagia atas terlaksananya Kampanye Gemar Membaca Koran Milenial. Farianda melihat antusiasme dan keramaian siswa yang meramaikan kegiatan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan perdana kampanye di Sergai ini berjalan dengan baik. Sebelumnya, Bupati Sergai Darma Wijaya dan Wabup Adlin juga merespons keinginan kami mengadakan gelaran ini. Kabupaten Sergai merupakan lokasi pertama dan selanjutnya kegiatan serupa akan digelar di Langkat,” ujarnya.

Farianda berharap besar kegiatan yang dilaksanakan bisa meningkatkan minat baca di kalangan pelajar sekaligus mengurangi ketergantungan pada gadget. Selain membaca koran, kegiatan ini juga diisi sosialisasi kerja jurnalistik dan serba-serbi perusahaan pers yang dipaparkan oleh Sekretaris SPS Sumut Rianto Ahgly.

Kampanye Gemar Membaca Koran Milenial tersebut dimeriahkan 10 media cetak di Sumatera Utara, yakni Harian Waspada, Analisa, Sumut Pos, Sumut 24, Medan Pos, Berita Sore, Metro 24, Orbit, Sinar Indonesia Baru (SIB), dan Realitas. (pwisumut)