RANTAUPRAPAT – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik SE, resmi melantik pengurus PWI Labuhanbatu periode 2022-2025 di Ballroom Suzuya Hotel Rantauprapat, Senin (26/9) malam.

Ketua PWI Labuhanbatu dijabat oleh Rony Afrizal (Harian Analisa). Dalam kepengurusannya, Rony didukung Wakil Ketua Bernahat Munthe (Mimbar Umum), Sekretaris Kurnia Hamdani (LKBN Antara), Wakil Sekretaris Erni Manja Hasibuan (pilaraktual.com) dan Efran Simanjuntak (SIB), Bendahara Deni Daulay (Harian Waspada), Wakil Bendahara Penry Nababan (gosumut).

Dalam arahan dan bimbingannya, Farianda menginginkan PWI Sumut menjadi pilot project wartawan se-Indonesia agar lebih profesional dan beretika. Farianda menambahkan pihaknya beberapa waktu lalu telah menandatangani MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk jaminan sosial para wartawan, baik jaminan kecelakaan kerja, sakit hingga kematian.

“Kami memandang para wartawan ini bekerja tanpa kenal waktu. Karena itu, perlindungan hingga jaminan sosial kami berikan,” sebutnya.

Kepada pengurus baru yang dilantik, Farianda mengucapkan selamat sekaligus berharap Rony Afrizal dan kawan-kawan menjaga amanah yang telah dititipkan, menjaga etika dan semangat berorganisasi serta sukses menjalankan program-program selama tiga tahun ke depan.

Ketua PWI Labuhanbatu, Rony Afrizal, mengatakan pelantikan kali ini merupakan suatu sejarah bagi pihaknya. Hal ini dikarenakan pihaknya juga menerima keanggotaan anggota muda PWI yang baru lulus beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah, ini penyemangat baru kami karena ada delapan rekan-rekan lulus seleksi anggota muda PWI. Artinya, ada penambahan anggota PWI Sumut dari Labuhanbatu yang sempat ‘vakum’ beberapa tahun lamanya,” papar Rony.

Ditambahkan, Rony dan rekan-rekan pengurus akan fokus merangkul kawan-kawan wartawan yang ada di Labuhanbatu agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas jurnalistik sehari-harinya sesuai aturan yang berlaku.

Di akhir pidatonya, Roni mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan dukungan kepada pengurus PWI Labuhanbatu termasuk unsur Forkopimda setempat lainnya.

Sebelum pelantikan, kegiatan ditandai Lokakarya Jurnalistik dengan menampilkan Ketua PWI Sumut dan Drs M Syahrir MIKom sebagai narasumber. Farianda memaparkan peran PWI terhadap wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsi jurnalistik, sedangkan Syahrir memberi pemahaman tentang kompetensi menuju profesionalisme wartawan. (pwisumut)