MEDAN – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, H Farianda Putra Sinik SE, mengapresiasi dan mendukung penuh rencana seminar sehari wartawan ramah anak Kabupaten Deliserdang yang akan digelar pada 26 Oktober mendatang.

“Saya mendukung penuh. Ini luar biasa,” ucap Farianda saat menerima audiensi Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang di kantor PWI Sumut Jalan Adinegoro Medan, Selasa (4/10).

Farianda menilai rencana kegiatan yang merupakan kolaborasi PWI Deliserdang dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) merupakan kegiatan positif dan luar biasa yang belum pernah dilakukan PWI Kabupaten/Kota lainnya, khususnya di Sumut. Dikatakan, edukasi peningkatan kapasitas wartawan yang ramah anak dalam pemberitaan sangat penting.

“Salah satu indikator penting dalam kelulusan wartawan yang mengikuti Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) adalah pemahaman Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA). Banyak wartawan lulus UKW, tapi sering lupa PPRA saat praktik,” tegasnya.

Ketua PWI Deliserdang, Lisbon Situmorang, memaparkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Ketua PWI Sumut pada konferensi Mei lalu agar menginisiasi dan mengedukasi pemberitaan ramah anak dalam kerja-kerja jurnalistik anggotanya.

Selain itu, kegiatan ini juga menyahuti visi pembangunan Kabupaten Deliserdang yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius dan rukun dalam kebhinekaan serta mendorong percepatan Kabupaten Layak Anak (KLA).

Lisbon menuturkan seminar sehari akan menghadirkan narasumber dari Deputi Partisipasi Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Ketua Umum Komnas PA Pusat Arist Merdeka Sirait dan narasumber lainnya dari PWI Sumut.

Ketua Komnas PA Deliserdang, Junaidi Malik, turut mengapresiasi dukungan keluarga besar PWI baik Sumut maupun Deliserdang yang berperan besar dalam upaya melindungi anak. Junaidi menilai muara akhir seminar sehari tersebut akan menjadi salah satu indikator kekuatan gerakan perlindungan anak, khususnya di Deliserdang, serta bagian penting partisipasi masyarakat dalam melindungi anak dari segala bentuk kekerasan.

Ketua Panitia Seminar Sehari Amirul Khair memaparkan kegiatan akan diikuti maksimal 70 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Deliserdang dengan tujuan meningkatkan kapasitas serta mengedukasi lahirnya karya-karya jurnalistik berbasis ramah anak.

Turut hadir dalam audiensi tersebut, Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Sugiatmo, Wakil Ketua Bidang Media Siber & Multimedia Austin Tumengkol, dan pengurus PWI Deliserdang. (pwisumut)