MEDAN – Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumatera Utara berkoordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut terkait persiapan gelaran Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan, Kamis (13/10) .

Rombongan pengurus dan panitia kegiatan HPN 2023 SMSI di Sumut diterima langsung oleh Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE. Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung menyampaikan rencana pelaksanaan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba (GKT) yang merupakan rangkaian kegiatan HPN 2023 SMSI di Sumut.

“Izin kami koordinasikan soal rencana SMSI menyemarakkan HPN 2023 Sumut dengan menggelar Ekspedisi Geopark Kaldera Toba. Tentu arahan dari Pak Farianda sangat kami harapkan,” ujar Zulfikar.

Ketua Panitia Rangkaian Kegiatan HPN 2023 SMSI di Sumut, Erris J Napitupulu, menambahkan Ekspedisi GKT merupakan salah satu kegiatan yang dihadirkan SMSI untuk menyemarakkan HPN di Sumut.

Ekspedisi GKT tersebut meliputi kunjungan ke geosite-geosite GKT dan objek wisata di Tapanuli Utara, Humbahas, Samosir, dan Simalungun. Rencananya, kegiatan itu digelar pada 4-6 Februari mendatang dengan diikuti 150 peserta dari pengurus SMSI Pusat di 34 provinsi.

“SMSI berkeinginan agar HPN 2023 yang puncaknya digelar di Sumut 7-9 Februari, di mana Pak Farianda sebagai ketua panitia daerah perpanjangan tangan panitia nasional di Sumut dapat berjalan sukses dan gaung keberhasilannya menggema ke seluruh penjuru tanah air,” jelas Erris.

“Yang pasti semangat kita sama, yakni menyukseskan HPN 2023 di Sumut di bawah koordinasi Pak Farianda selaku Ketua Panitia Daerah HPN 2023 di Sumut. Sukses rangkaian kegiatan ini nantinya juga sukses Farianda tentunya,” ujar Sekretaris Rangkaian Kegiatan HPN 2023 SMSI Sumut, Benny Pasaribu.

Farianda sendiri menyambut baik kehadiran SMSI Sumut. Farianda pun mengapresiasi SMSI yang datang langsung berkoordinasi tentang rencana Ekspedisi GKT ke PWI Sumut.

“Karena memang jujur saja, berkembang informasi yang simpang siur di luar sana. Ada banyak pihak yang menyatakan diri sebagai Panitia HPN. Ini sungguh tidak terpuji dan mengganggu kerja kita nantinya,” sebut Farianda.

Farianda bahkan langsung menghubungi Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi yang juga Ketua Panitia Nasional HPN 2023 di Sumut via telepon. Kepada Mirza, dirinya meminta arahan lebih lanjut soal SMSI Sumut yang berencana membuat kegiatan menyemarakkan HPN.

“Mari saling kita perkuat koordinasi. Kita pun senang, semakin banyak mengambil peran, ya semakin banyak yang turut merasakan manfaat HPN ini,” kata Farianda mengakhiri. (pwisumut)