PARAPAT – Pemkab Simalungun melalui Dinas Kominfo bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut dan PWI Simalungun menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 48-49 pada Selasa-Rabu (6-7/12) di Atsari Hotel Parapat.

UKW yang digelar di kawasan wisata Danau Toba itu pertama kali dilaksanakan Pemkab Simalungun. Kegiatan UKW secara resmi dibuka Sekdakab Simalungun Esron Sinaga.didampingi Ketua DPRD Simalungun Timbul Jaya dan Kadis Kominfo SML Simangunsong. Turut hadir Direktur UKW PWI Pusat Prof Rajab Ritonga, Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, dan Sekretaris SR Hamonangan Panggabean.

Prof Rajab juga hadir sebagai salah satu penguji bersama Ketua DK PWI Sumut M Syahrir, Dedi Sahputra, Austin Tumengkol, Khairul Muslim, Rizal Rudi Surya, dan Amru Lubis. Sebelumnya, 42 peserta mengikuti Pra UKW yang dimentori oleh Rifki Warisan, Sugiatmo, dan David Swayana.

“Melalui UKW, kita akan meningkatkan kompetensi, profesionalitas wartawan yang beretika dan bermartabat,” tandas Farianda.

Selain itu, pelaksanaan UKW disebut sangat penting seiring perkembangan zaman digital dan menjadi tantangan tersendiri bagi tugas-tugas jurnalistik profesional. Karena itu, UKW dilakukan untuk wartawan sekaligus menjaga profesi luhur dan mulia tersebut.

Direktur UKW PWI Pusat, Prof Rajab Ritonga, berharap ke depan wartawan yang benar-benar kompeten semakin banyak dan dapat terhindar ancaman pidana terkait pemberitaan. Ditegaskan, wartawan harus paham Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), UU Pers 40/1999, dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ),” tegasnya.Sementara itu, Sekda Esron Sinaga berharap kepada seluruh wartawan peserta UKW dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas kewartawanannya. Esron berpesan agar kegiatan UKW terus berkelanjutan, sehingga seluruh wartawan yang bertugas di Kabupaten Simalungun benar-benar kompeten. (pwisumut)