PARAPAT – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar PWI Sumut dan PWI Simalungun bekerja sama dengan Dinas Kominfo Simalungun di Hotel Atsari Parapat ditutup resmi oleh Bupati Simalungun diwakili Kadis Kominfo SML Simangunsong, Rabu (7/12).

Acara penutupan diikuti Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik, Ketua PWI Simalungun Hasuna Damanik, Sekretaris PWI Sumut SR Hamonangan Panggabean serta para penguji yang terdiri atas M Syahrir, Dedi Sahputra, Austin Tumengkol, Rizal Rudi Surya, Khairul Muslim, dan Amru Lubis.

Pelaksanaan UKW Angkatan 48-49 yang berlangsung selama dua hari mulai Selasa (6/12) kemarin. Mewakili penguji, M Syahrir mengumumkan hanya 36 dari 42 peserta hadir dengan 24 di antaranya dinyatakan sudah kompeten.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, berpesan kepada wartawan yang sudah dinyatakan kompeten untuk menjaga profesionalitas dalam menjalankan tugas jurnalistik.

“Terus tingkatkan kemampuan dan profesionalitas dalam menjalankan tugas sehari-hari. Jadilah wartawan yang beretika, profesional, dan bermartabat,” katanya.

“Bagi peserta yang belum kompeten, kami harap tidak menyerah dan tetap semangat mempersiapkan diri untuk UKW berikutnya dalam tempo enam bulan ke depan. Belum kompeten bukan berarti ‘kiamat’, tetaplah semangat berkarya sembari persiapkan diri,” tandas Farianda.

Kadis Kominfo Simalungun, SML Simangunsong, menyampaikan terima kasih kepada PWI Sumut dan PWI Simalungun sebagai mitra yang telah berupaya menyukseskan pelaksanaan UKW berlangsung aman, tertib, lancar, dan menambah jumlah wartawan kompeten di daerahnya.

“Pemkab Simalungun melaluo Dinas Kominfo akan terus berupaya meningkatkan SDM wartawan, baik melalui UKW maupun lainnya. Mohon dukungannya kami dapat kembali menggelar UKW di tahun 2023 mendatang,” tegas Simangunsong. (pwisumut)