KISARAN – Hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 50-51 yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Asahan di Hotel Sabty Garden Kisaran pada Sabtu-Minggu (10-11/12) melahirkan 24 peserta lulus dan 16 belum kompeten.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut M Syahrir yang juga salah satu penguji UKW yang diikuti 48 peserta tersebut. Enam di antaranya ujian tingkat madya dan 42 mengikuti ujian tingkat muda.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, mengaku kecewa dengan hasil UKW di Kisaran. Pasalnya, 16 peserta dinyatakan belum kompeten. Padahal, seluruh peserta sudah dibekali materi uji lewat Pra UKW sehari sebelumnya.

Karena itu, lanjut Farianda, pihaknya akan meningkatkan kemampuan wartawan. Guna mewujudkan hal itu, PWI Sumut tidak akan melakukan perekrutan anggota untuk sementara ini.

“Kita akan fokus pada peningkatan kemampuan wartawan,” ungkap Farianda.

Kadis Kominfo Asahan, Syamsuddin, mengatakan pelaksanaan UKW merupakan salah satu upaya peningkatan SDM bagi wartawan. Mewakili Bupati Asahan, Syamsuddin pun merasa kecewa melihat hasil di mana 16 peserta belum kompeten.

“Sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri dalam upaya peningkatan SDM, pihaknya akan menganggarkan kegiatan serupa di tahun 2024,” ujar Syamsuddin.

Ketua PWI Asahan, Indra Sikumbang, berharap peserta yang belum kompeten tidak berkecil hati dan terus belajar menghadapi UKW berikutnya. Bagi yang sudah berkompeten, Indra pun berpesan agar jangan cepat puas diri.

“Belajar dan tingkatkan kemampuan, masih ada kesempatan bagi yang belum berkompeten. Teman-teman yang sudah lulus juga diharapkan tidak sepele, sebaliknya menjaga integritas dan profesi sebagai wartawan kompeten,” tutup Indra.

Adapun penguji UKW Angkatan 50-51 di Kisaran terdiri atas M Syahrir, Djunaedi Tjunti Agus, Dedi Sahputra, Austin Tumengkol, Rizal Rudi Surya, Iranda, Khairul Muslim, dan Amru Lubis. (pwisumut)