JAKARTA – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran pembangunan stadion baru di Sumatera Utara (Sumut) di kawasan Desa Sena, Kecamatan Batangkuis, Kabupaten Deliserdang.

“Kementerian PUPR telah mengalokasikan anggaran pembangunan stadion di Sumut dan Aceh sebagai tuan rumah PON 2024,” kata Direktur Prasarana Strategis PUPR, Essy Asiah, pada Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 tentang “Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah” di Hotel Aston Kartika Grogol Jakarta, Jumat (16/12).

Disebutkan, gaung untuk membangun stadion baru di Sumut dan Aceh sudah lama dimulai. Namun PUPR belum bisa bekerja karena berbagai kendala.

“PUPR akan bekerja jika ada desain yang sudah disiapkan. Kendalanya belum ada desain yang diajukan Pemprov Sumut dan informasi terakhir sedang proses, bahkan Aceh baru akan membahasnya. Mudah-mudahan dalam waktu dua tiga bulan ini, pembangunan stadion di Medan segera dimulai. Kendala lainnya belum ada Peraturan Presiden sebagai payung hukum,” ujar Essy.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari, mengatakan HPN 2023 yang akan digelar di Sumut pada Februari mendatang juga akan dimanfaatkan untuk mendorong pembangunan stadion di Sumut sebagai fasilitas PON dimulai.

“Selama stadion belum dibangun mustahil, karenanya ingin mendengar keseriusan pemerintah baik Kementerian PUPR maupun pemerintah daerah,” ujar Atal.

Atal menilai langkah PUPR luar biasa karena sudah menyiapkan anggaran untuk pembangunan stadion di Sumut dan Aceh. Sebagai putra daerah, Atal meragukan penyelenggaraan PON 2024 tepat waktu, karena hingga saat ini belum ada tanda-tanda.

“Melalui FGD ini diharapkan terjaring masukan-masukan dari berbagai pihak untuk menyukseskan PON 2024 di Sumut dan Aceh,” kata Atal lagi.

Sayangnya, tidak ada perwakilan dari Pemprov Sumut yang hadir dalam FGD ini. Konfirmasi dari panitia, undangan telah dilayangkan ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik, menyampaikan pertemuan ini diharapkan mendorong percepatan pembangunan sarana prasarana PON, khususnya stadion. Sekretaris PWI Sumut, SR Hamonangan Panggabean, menambahkan masyarakat Sumut merindukan hadirnya stadion baru setelah Stadion Teladan Medan yang dibangun pada PON 1953 silam.

Diharapkan juga keseriusan Pemprov Sumut untuk menyambut Kementerian PUPR yang sudah menyiapkan anggaran untuk membangun stadion baru. Pada HPN nantinya juga akan digelar seminar nasional mengenai pelaksanaan PON di Sumut. (pwisumut)