LIMAPULUH – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-52 yang digelar PWI Kabupaten Batubara bekerja sama dengan Pemkab Batubara resmi ditutup di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara, Senin (19/12).

Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut, M Syahrir, meminta peserta yang dinyatakan kompeten untuk menjadikan moment ini sebagai langkah awal menunjukkan profesi wartawan sebagai profesi yang amanah dan mulia.

“Harus jadi kebanggaan untuk wartawan yang dinyatakan kompeten. Jadikan ini langkah awal. Tularkan pengetahuan yang didapat melalui uji kompetensi untuk kawan-kawan. Bagi yang belum kompeten, jangan berkecil hati karena masih ada kesempatan lain. Mudah-mudahan UKW ini memberi manfaat bagi profesi kita,” katanya.

Dalam laporannya, Austin Tumengkol selaku penguji dan pengurus harian PWI Sumut menyampaikan 13 dari 15 peserta dinyatakan kompeten dan dua dinyatakan belum kompeten. Selain Syahrir dan Austin, UKW di Batubara juga menghadirkan Ketua DKP PWI Aceh Tarmilin Usman sebagai penguji.

Ketua PWI Kabupaten Batubara, Alpian, juga berharap peserta yang belum kompeten untuk tidak putus asa. Di akhir pidatonya, Alpian menegaskan PWI Batubara komit terus meningkatkan kemampuan wartawan melalui UKW. (pwisumut)