GUNUNGTUA – Hasil Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-53 yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) melahirkan 12 peserta kompeten dan enam orang tertunda.

Kegiatan UKW yang diikuti 18 peserta di Aula Kantor Dinas Komunikasi & Informatika (Kominfo) Paluta ini ditutup resmi oleh Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumut, M Syahrir, Rabu (21/12).

Dalam pidatonya, Syahrir berpesan kepada peserta yang kompeten untuk mampu mengangkat derajat dan martabat wartawan di mata masyarakat. Hal ini didasari masih banyaknya pandangan negatif terhadap profesi wartawan tersebut.

“Berbanggalah Anda berstatus wartawan yang kompeten. Jadikan sebagai langkah untuk meningkatkan profesi kita yang mulia ini dan berbagilah pengetahuan yang didapat melalui uji kompetensi untuk kawan-kawan. Peserta yang belum kompeten, kami minta terus asah diri dan berjuang lagi di masa mendatang,” kata penguji nasional tersebut.

Ketua PWI Paluta, Tohong P Harahap, mengapresiasi PWI Pusat maupun PWI Sumut atas kerja samanya menggelar UKW. Diakui, penyelenggaraan UKW ini merupakan kebanggaan bagi PWI Paluta. Pasalnya, uji kompetensi tersebut merupakan pertama kali digelar di Paluta.

“Alhamdulillah UKW berjalan sukses. Meski masih ada kekurangan, PWI Paluta bangga dan mengapresiasi peserta UKW. Dengan ini, mari tingkatkan profesionalitas dan kualitas wartawan di Paluta yang sama-sama kita cintai,” tutup Tohong. (pwisumut)