MEDAN – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan 55-56 kolaborasi antara Serikat Perusahaan Pers (SPS) Sumut dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut berakhir Rabu (28/12) di Hotel Swiss-Belinn Medan.

Mewakili penguji, Tarmilin Usman dari PWI Aceh menyebutkan 30 wartawan dinyatakan kompeten dan delapan orang belum dari total 38 peserta yang hadir. Total secara nasional, wartawan berkompeten berjumlah 16.309 orang.

Ketua SPS dan juga PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, mengatakan ini merupakan gelaran UKW ketiga kali kerja antara SPS dan PWI sepanjang tahun 2022 ini. Sehari sebelumnya, panitia juga menggelar Workshop Pra UKW.

“Workshop ini bertujuan untuk pembekalan materi kepada para peserta UKW, agar siap menghadapi proses uji kompetensi yang sesungguhnya. Alhamdulillah, peserta kompeten mencapai 80 persen,” ungkap Farianda.

Tak lupa, Farianda mengucapkan selamat kepada para peserta yang lulus UKW. Namun diingatkan bahwa tanggung jawab peserta yang sudah dinyatakan kompeten justru akan bertambah berat.

“Ke depan, kalian harus mampu menunjukkan kualitas dan kompetensi dalam tugas jurnalistik sehari-hari. Jangan begitu lulus UKW langsung lupa segala materi uji dan masukan penguji, sebaliknya kalian harus ingat dan aplikasikan di lapangan. Bagi yang belum kompeten, jangan menyerah dan silakan berjuang lagi enam bulan mendatang,” sebut Farianda.

Salah satu penguji memberi arahan kepada peserta UKW Angkatan 55-56 di Hotel Swiss-Belinn Medan, Rabu (28/12). (pwisumut)

Pada UKW Angkatan 55-56 tersebut, 11 peserta mengikuti jenjang Wartawan Madya dan 27 peserta di jenjang Wartawan Muda. Penguji Madya adalah M Syahrir dan Tarmilin Usman, sedangkan penguji Muda terdiri atas Austin Tumengkol, Replianto, Khairul Muslim, Rizal Rudi Surya, Edward Thahir, dan Amru Lubis. (pwisumut)