MEDAN – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut komit menyukseskan Hari Pers Nasional (HPN) yang akan berlangsung 7-12 Februari 2023 di Medan. Sedikitnya 7.000 orang dari organisasi wartawan se-Indonesia akan hadir di acara nasional tersebut.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Koordinasi (Rakor) HPN 2023 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Rabu (11/1). Rakor lanjutan tersebut membahas tugas, fungsi, dan penyempurnaan tanggung jawab setiap unsur kepanitiaan.

Pembahasan meliputi lokasi kegiatan, keamanan, dan berbagai hal menyangkut rangkaian kegiatan HPN. Di antaranya, Rakernas, pameran media dari zaman ke zaman, literasi media, anugerah kebudayaan dan insan pers, seminar serta konvensi media massa yang tersebar di Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, dan Kabupaten Simalungun.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Sumut Ilyas Sitorus yang juga sekretaris umum panitia mengatakan kesuksesan HPN ini ditandai dengan koordinasi dan kolaborasi sejumlah pihak.

“Pemprov sebagai tuan rumah, bersama Forkopimda dan PWI Sumut berkolaborasi untuk menyukseskan agenda tahunan wartawan seluruh Indonesia ini,” ujar Ilyas.

HPN yang bertemakan ‘Pers Bebas Demokrasi Bermartabat’ juga akan dihadiri Presiden Joko Widodo, sejumlah duta besar, gubernur dan bupati/wali kota se Indonesia. Selain itu, hadir pengurus PWI Pusat, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Serikat Perusahaan Pers (SPS), dan lainnya.

Ketua PWI Sumut, Farianda Putra Sinik, mengatakan kegiatan ini merupakan moment sejarah bagi kepengurusannya. Setelah 30 tahun menunggu, akhirnya Sumut kembali diberi kesempatan menjadi tuan rumah HPN. Diharapkan, HPN 2023 menjadi moment promosi pariwisata, kuliner dan potensi lain yang dimiliki Sumut.

Lebih lanjut dikatakannya, tidak saja mempromosikan pariwisata, tapi juga bisa menyentuh perekonomian masyarakat dengan menggerakan UMKM untuk terlibat di HPN mendatang. Kadis Penanaman Modal dan PTSP Sumut, Faisal Arif Nasution, menambahkan rapat koordinasi ini digelar untuk mematangkan rencana kegiatan HPN.

Sayangnya, rapat tersebut mayoritas tidak dihadiri unsur kepanitiaan. Hasil pantauan, unsur Forkopimda maupun organisasi lainnya hanya mengutus perwakilannya saja termasuk Sekdaprovsu Arief S Trinugroho selaku Ketua Panitia Daerah HPN 2023 absen. (pwisumut)