MEDAN – Pelaku usaha perhotelan, restoran, dan biro perjalanan wisata di Medan dan Deliserdang mendukung Hari Pers Nasional (HPN) yang akan digelar pada 7-12 Februari 2023.

Mereka menyambut gembira Sumut sebagai tuan rumah HPN, karena akan semakin membangkitkan gairah ekonomi. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan yang dipimpin Ketua III Panitia Daerah HPN 2023 Faisal Arif Nasution di Kantor Gubernur Sumut, Jumat (13/1).

Pertemuan membahas kesiapan perhotelan, restoran, dan usaha perjalanan wisata menyambut para tamu HPN 2023. Hadir di antaranya Kadis Pariwisata Medan Renward Parapat, Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Sumut Solahuddin Nasution, perwakilan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA), dan lainnya.

Faisal Arif yang juga Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Sumut menyampaikan HPN 2023 akan menghadirkan belasan ribu tamu dari seluruh provinsi di Indonesia, termasuk Sumut. Untuk itu, butuh kesiapan hotel-hotel menampung kebutuhan akomodasi.

“Kita tentunya berharap semua pihak bisa memberikan pelayanan terbaik dalam menyambut tamu yang akan datang ke daerah kita, sehingga dapat memberikan kesan yang baik pula,” ujar Faisal.

“Ini moment memperkenalkan berbagai sektor yang potensial yaitu pariwisata, peluang investasi, UMKM, dan lainnya, karena event ini juga dihadiri para tamu asing dan duta besar. Akan ada seminar yang khusus membahas potensi investasi,” katanya.

Renward Parapat mengatakan HPN akan menjadi semangat baru dan menggairahkan dunia pariwisata yang sempat terpengaruh akibat pandemi Covid-19 lalu. Hal serupa disampaikan Edy Suprayetno mewakili PHRI dan IHGMA. Dikatakan, PHRI dan IHGMA siap memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu.

Ketua ASITA Sumut, Solahuddin Nasution, mengatakan pihaknya akan menyediakan paket-paket tur di dalam maupun luar kota. Di antaranya ke destinasi wisata di Berastagi, Parapat, Bukit Lawang atau Tangkahan. (pwisumut)