PUTRAJAYA – Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia, Fahmi Fadzil, direncanakan akan menghadiri Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Medan pada 9 Februari mendatang.

“Insya Allah saya akan hadir untuk mempererat hubungan antar-wartawan dan media Malaysia dengan Indonesia,” ujar Fahmi Fadzil dalam silaturahim dengan Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia Indonesia (Iswami) di Putra Jaya, Selasa (17/1).

Presiden Iswami Indonesia, Asro Kamal Rokan, menyampaikan undangan resmi PWI Pusat kepada Fahmi Fadzil dan Iswami. Silaturahim dan perkenalan dengan menteri baru dalam Kabinet PM Anwar Ibrahim yang baru dibentuk tersebut dihadiri Presiden Iswami Malaysia Dt Mochtar Husain dan sejumlah pengurus.

“Saya berharap dapat meningkatkan kebebasan media di Malaysia, kesepahaman, dan kerja sama dengan wartawan-wartawan Indonesia serta negara-negara ASEAN,” kata Fahmi.

Iswami didirikan pada 2003 sebagai forum wartawan dua negara bertukar informasi. Forum ini merespons berbagai ketegangan, di antaranya klaim tumpang tindih kepemilikan blok Ambalat di laut Sulawesi dekat Sabah, isu-isu pekerja migran, dan budaya.

Forum wartawan ini digagas Asro Kamal Rokan, Ilham Bintang, Tarman Azzam (alm), N Syamsuddin Ch Haesy, dan Saiful Hadi Chalid (alm) dari Indonesia bersama Tan Sri Johan Jaaffar, Zakaria Wahab, dan Zulkifli Hamzah mewakili Malaysia.

“Alhamdulillah sejak 2003 hingga kini, Iswami terus mengambil peran mengeratkan hubungan kedua negara,” ujar Asro.

Disebutkan, wartawan-wartawan asal Malaysia hadir pada setiap HPN di Indonesia dalam 10 tahun belakangan ini. Pada HPN 2023 nanti, direncanakan 35 wartawan Malaysia akan berkunjung ke Medan. Di sisi lain, Hari Pers Malaysia 2023 akan diselenggarakan di Ipoh.

(pwisumut/rel)