MEDAN – Sedikitnya 150 becak motor memenuhi halaman Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Rabu (18/1). Becak yang seluruhnya menggunakan tenda bergambar Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2023 dilepas oleh Gubsu Edy Rahmayadi untuk menyosialisasikan pesta insan pers se-Indonesia kepada masyarakat luas.

“Becak ini dipilih sebagai salah satu media sosialisasi, karena mereka kan berkeliling kota. Semoga bisa dilihat masyarakat dan mendukung kegiatan HPN ini,” kata Edy.

Edy mengharapkan peringatan HPN 2023 di Sumut dapat diketahui masyarakat secara luas. Dengan demikian, peringatan HPN di daerah ini dapat lebih bergairah dan didukung penuh masyarakat.

“Jadi masyarakat pun tahu, wartawan itu milik rakyat,” kata Gubsu juga mengharapkan HPN dapat menjadi ajang menyuarakan isu prioritas Sumut kepada pemerintah, salah satunya terkait kesehatan.

Kadis Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus, mengatakan media tenda becak tersebut merupakan sarana memperkenalkan HPN yang akan diselenggarakan di Medan pada 7-12 Februari 2023. Selain becak motor, panitia HPN juga telah sosialisasi di berbagai media, mulai videotron, spanduk, media sosial, dan lainnya.

Adapun berbagai kegiatan HPN 2023 yang akan diselenggarakan meliputi workshop literasi digital, seminar-seminar, workshop Adinegoro, anugerah kebudayaan hingga pameran pers tiga abad. Kegiatan tersebut digelar di Medan, Deliserdang, dan Simalungun serta direncanakan juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. (pwisumut)