MEDAN – Guna menyukseskan pengamanan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Direktur Intelkam Polda Sumut mengadakan rapat koordinasi dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provsu terkait di Aula Dit Intelkam Poldasu, Rabu (25/1).

Selain F1 Powerboat di akhir bulan, kegiatan HPN merupakan salah satu event yang seksi akan berlangsung di Provinsi Sumut pada Februari 2023 nanti. Khusus HPN 2023, acara puncak akan digelar di Gedung Serbaguna (GSG) Jalan Pancing dan direncanakan turut dihadiri Presiden Joko Widodo, sejumlah duta besar negara sahabat plus wartawan se-Indonesia dan ASEAN.

“Ini memerlukan perhatian yang serius guna mengamankan kegiatan ini agar berjalan lancar,” kata Direktur Intelkam Poldasu Kombes Pol Dwi Indra Maulana didampingi Kabag Kerma Biro Ops AKBP Endang Hermawan dan Kasubdit V Ditintelkam Kompol Gunawan Hery saat berkoordinasi dengan Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik SE.

Pada kesempatan itu, Farianda didampingi Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Amrizal, Wakil Ketua Bidang Media Siber & Multimedia Austin Tumengkol, Kasi Hukum & HAM Josmarlin Tambunan, dan Kasi Kerja Sama Antarlembaga Amru Lubis. Turut hadir Kadis Kominfo Sumut Ilyas Sitorus, dan Kadis PMPTSP Sumut Faisal Arif Nst, dan pihak EO.

“Kami mau tahu rundown, lokasi acara, dan estimasi peserta yang hadir selama HPN,” sebut Dwi Indra lagi.

Agenda HPN berlangsung pada 7-12 Februari 2023 dengan puncak acara pada Kamis (9/2) mendatang. Sekira 10 kegiatan akan dilangsungkan pada 7 Februari, di antaranya Workshop Literasi Digital, seminar-seminar, Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Kongres Serikat Perusahaan Pers (SPS), Rakernas Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), dialog anugerah kebudayaan, pertemuan Dewan Kehormatan PWI, dan pameran pers.

Pada 8 Februari, kegiatan dilanjutkan dengan konvensi media massa, seminar internasional, seminar olahraga, seminar ‘Dana Bagi Hasil Perkebunan”, dan Rakernas Seksi Wartawan Olahraga (Siwo). Setelah puncak acara pada 9 Februari, kegiatan HPN ditutup tur ke Danau Toba hingga 10 Februari 2023.

“Seluruh jadwal acara akan kami sampaikan, termasuk undangan yang bakal hadir,” sebut Farianda. (pwisumut)