MEDAN- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 sudah tinggal menghitung hari. Panitia Daerah HPN 2023 pun memastikan persiapan sudah 85% atau melebihi target semula.

“Semua persiapan sudah on the track sampai hari ini. Tadinya target 70%, namun persiapan per hari sudah mencapai 85%,” kata Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2023 yang juga Sekretaris Daerah Provinsi Sumut (Sekdaprovsu) Arief S Trinugroho di Ruang Rapat Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro Medan, Jumat (27/1).

Adapun berbagai rangkaian kegiatan yang akan digelar selama 7-12 Februari 2023 meliputi Seminar Seruan Pers dari Sumut: Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat, Seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro, Workshop Literasi Digital, Rakernas IKWI dan Bakti Sosial, dan Konvensi Nasional Media Massa.

Lalu, Seminar Olahraga Strategi Sumut-Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah, Rakernas SIWO, Pameran HPN 2023 dan Pameran Tiga Abad Surat Kabar Indonesia, Kongres dan Seminar SPS, Diskusi Anugerah Kebudayaan, Seminar Internasional: Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media yang Berkelanjutan hingga tur ke Danau Toba.

“Selama pelaksanaan rangkaian HPN ini, banyak manfaat yang diperoleh tidak hanya peserta dan wartawan, Pemprov Sumut dan pemkab/kota juga mendapat manfaat. Masyarakat Sumut juga mendapat manfaat melalui bakti sosial yang akan dilakukan,” ujar Arief.

Arief menambahkan bahwa Pemprov Sumut tidak akan menyia-nyiakan kesempatan menjadi tuan rumah HPN 2023. Senada dengan Arief, Ketua III Panitia Daerah HPN Faisal Arif Nasution mengatakan persiapan sejauh ini masih tanpa kendala. Pihaknya juga sudah mempersiapkan kebutuhan seluruh tamu dan peserta yang hadir.

“Mulai tanggal 6 Februari, tamu maupun peserta sudah mulai berdatangan. Ada beberapa duta besar dan menteri. Sinergi dengan berbagai instansi pun telah dilakukan. Misalnya, ruang VIP di Kualanamu International Airport (KNIA) telah disiapkan menyambut kedatangan tamu.

Para Kepala OPD dan BUMD Pemprov Sumut juga telah ditugaskan untuk mendampingi para tamu dari seluruh Indonesia, termasuk hotel-hotel siap menampung para peserta HPN 2023 nantinya.

“Sejauh ini juga Presiden masih terjadwal untuk hadir pada acara puncak di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut pada 9 Februari 2023,” kata Faisal yang juga Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumut.

Sekretaris Umum Panitia Daerah HPN 2023, Ilyas Sitorus, mengharapkan kegiatan pesta insan pers di Sumut menjadi perhelatan terbaik di antara seluruh peringatan yang pernah ada. Karena itu, panitia akan berupaya memberikan pelayanan terbaik.

“Untuk itu tak lepas dari dukungan kita semua, kita berikan pelayanan, tamu sampai di hotel langsung dapat ID card dan pernak-pernik HPN-nya. Jadi tamu datang senyum, pulang juga tersenyum,” kata Kadis Komunikasi dan Informatika Sumut tersebut.

Sebagai informasi, panitia juga telah membuat situs khusus untuk HPN, yakni hpn.sumutprov.go.id. Situs itu menyediakan berbagai informasi mengenai Sumut, di antaranya berbagai destinasi wisata, restoran hingga penginapan. (pwisumut)