MEDAN – Puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Sumatera Utara tinggal menghitung hari. Tepat Kamis, 9 Februari 2023 nanti, seluruh insan pers akan memperingatinya di Gedung Serba Guna (GSG) Pemprovsu, Medan.

HPN 2023 di Medan kali ini dipastikan turut dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Presiden juga akan menjalani serangkaian kegiatan di Sumut terkait HPN 2023.

Pada puncak HPN nanti, Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari menyatakan akan memberikan penghargaan Pena Emas kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi. Puncak HPN yang rencananya akan dihadiri 7.000-an wartawan baik dalam maupun luar negeri plus 14 duta besar negara sahabat, juga ditandai penghargaan kepada enam Tokoh Kepeloporan Pers dari Sumut.

Penghargaan tersebut akan dipersembahkan bagi pendiri Harian Waspada, H Mohammad Said (tokoh pers perjuangan) dan Hj Ani Idrus (tokoh pers perjuangan perempuan). Diketahui, Harian Waspada terbit pertama kali di Medan pada 11 Januari 1947, saat Belanda masih melancarkan agresi militer dan berusaha kembali menguasai Kota Medan.

Terbitnya surat kabar tersebut menjadi ilham bagi kedua pendiri untuk menyuarakan ‘kewaspadaan’ bagi rakyat Indonesia, khususnya di Kota Medan, atas upaya Belanda yang berusaha kembali ingin menguasai Tanah Air.

Penghargaan juga diberikan kepada tokoh pers lainnya, yakni Dja Endar Moeda, Parada Harahap (Si Raja Delik), Tuan MH Manullang (tokoh pelopor pers perjuangan), dan Muhammad TWH (tokoh pers tiga zaman).

Perjuangan tokoh-tokoh pers tersebut dinilai layak diapresiasi, sejak munculnya istilah ‘Benih Merdeka’ tahun 1917 dan secara konsisten berusaha tetap terbit. (pwisumut)