PARAPAT – Silaturahim Nasional Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) se-Indonesia dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2023 berlangsung sukses di Hotel Khas Parapat, Kabupaten Simalungun pada 7-9 Februari.

Kegiatan diikuti sekira 150 orang pimpinan dan anggota IKWI Indonesia serta dipimpin langsung Ketua Umum Pengurus Pusat IKWI Hj Indah Kirana. Silaturahim Nasional IKWI se Indonesia tahun 2023 bertemakan ‘ Menuju Tata Kelola Organisasi yang Berkualitas’ diisi beberapa agenda, di antaranya konsolidasi organisasi pada Rabu (7/2) di Hotel Khas Parapat.

Konsolidasi melibatkan beberapa pembicara dari Pengurus Pusat IKWI selaku narasumber, antara lain Hj Indah Kirana, Rahmayulis Saleh, Dr Hj Harbiyah Gani, dan Ratna Minang Sari. Ketua Umum PP IKWI Hj Indah Kirana menyebutkan silaturahim nasional ini merupakan salah satu pertemuan pengurus maupun anggota dari Aceh hingga Papua.

Selain itu, IKWI juga menyempurnakan Peraturan Dasar/Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) dibahas tim dari sembilan perwakilan provinsi. Kesembilan provinsi itu adalah (Aceh, Jambi, Riau, Lampung, DKI, Jabar, Kalsel, Kaltim, dan Sumsel).

“Dari kegiatan silaturahim ini, kita akan mengetahui keberadaan dan kondisi organisasi keluarga wartawan Indonesia ini. Jika ada kendala, kita saling sharing memperbaikinya dan membantu agar IKWI di daerah-daerah provinsi tetap eksis,” ujar Indah didampingi Ketua IKWI Sumut Fadia Achri Yulan.

Demikian halnya Fadia mengapresiasi kehadiran ibu-ibu IKWI serangkaian kegiatan HPN 2023 di Sumatera Utara selaku tuan rumah. Fadia yang akrab disapa Beby ini menambahkan konsolidasi organisasi ditandai pembahasan langkah-langkah untuk kemajuan organisasi keluarga wartawan ke depan dan penyempurnaan PD/PRT IKWI.

“Selanjutnya, 150 anggota IKWI se Indonesia tur ke sejumlah destinasi wisata, seperti Pulau Samosir dan singgah ke Kampung Ambarita di Kecamatan Simanindo. Di sana, rombongan melihat situs Huta Siallagan peninggalan Raja Siallagan konon merupakan situs tertua peninggalan Suku Batak,” pungkas Beby. (pwisumut)