Seminar Sehari PWI Labuhanbatu

RANTAUPRAPAT – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Labuhanbatu bekerja sama dengan Asian Agri menggelar seminar sehari jurnalistik di Hotel Permata Land, Rantauprapat, Kamis (2/3).

Seminar yang diikuti sebanyak 70 wartawan di Kabupaten Labuhanbatu tersebut mengambil tema “Mewujudkan Pers Profesional Sebagai Mitra ‘Bolo’ Labuhanbatu” menghadirkan narasumber, yakni Drs Muhammad Syahrir MIKom (Ketua Dewan Kehormatan Provinsi PWI Sumut) dan Sugiatmo SAg MA (Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut) dipandu Austin Tumengkol (Wakil Ketua Bidang Media Siber & Multimedia PWI Sumut) selaku moderator.

Dalam paparannya tentang Kompetensi Menuju Profesionalisme Wartawan, Syahrir menegaskan pentingnya kompetensi dan independensi bagi wartawan. Selain itu, etika dan perilaku hendaknya menjadi perhatian khusus bagi wartawan dalam tugas jurnalistiknya sehari-hari.

“Etika dan perilaku wartawan amat penting, jadi jangan cederai profesi kita yang mulia ini. Dengan sendirinya, kita pun bangga menjadi wartawan,” sebut Syahrir.

Saat memaparkan materi tentang profesionalisme wartawan di era digital, Sugiatmo menjelaskan perkembangan dunia kewartawan saat ini berorientasi kepada digitalisasi. Namun, masyarakat harus diberi pemahaman akan perbedaan perusahaan pers dengan media sosial.

“Media sosial hanyalah sebagai sarana informasi. Harus diuji ulang kebenaran informasi tersebut, agar wartawan atau media tidak terjerat masalah. Saudara-saudara pun harus paham makna wartawan yang profesional sebagaimana dicantumkan dalam Kode Etik Jurnalistik pasal 2,” kata Sugiatmo.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Labuhanbatu Rony Afrizal SE mengatakan kegiatan seminar sehari jurnalistik itu terselenggara atas dukungan Asian Agri. Para peserta pun diharapkan dapat memanfaatkan materi seminar untuk meningkatkan profesionalisme wartawan dan medianya.

Disebutkan, pelaksanaan seminar merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 tingkat Kabupaten Labuhanbatu.

Selain seminar, PWI Labuhanbatu juga akan mengadakan kegiatan jalan sehat pada 12 Maret 2023. Adapun hadiah utama lucky draw jalan sehat mendatang berupa satu unit sepeda motor yang didukung penuh Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga. Kegiatan utama yang akan dilaksanakan adalah Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada pertengahan Maret mendatang.

“Saya mengapresiasi Bupati Labuhanbatu yang sangat mendukung pelaksanaan UKW. Beliau mendukung karena menginginkan wartawan profesional di Labuhanbatu,” ungkapnya.

Diwakili Asisten III Setdakab Zaid Harahap, Bupati Labuhanbatu mengatakan pers merupakan pilar pembangunan di daerahnya. Kritik dan masukan dari pers sangat penting untuk mengingatkan hal-hal yang harus diperbaiki serta memberikan apresiasi atas segala pencapaian.

“Kepada seluruh wartawan, kami harapkan saling kerja sama dan berkolaborasi dalam menyajikan informasi yang faktual dan up to date sesuai fungsi kontrol sosial pemerintahan dengan berita berimbang agar tidak merugikan sebelah pihak,” pintanya. (pwisumut)