MEDAN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Labuhanbatu bekerja sama dengan pengurus PWI Sumatera Utara pada kegiatan “Penguatan dan Pemantapan Kapasitas Anggota PWI Kabupaten Labuhanbatu” di Gedung PWI Sumut Parada Harahap, Jalan Adinegoro Medan, Senin (22/5).

Ketua PWI Labuhanbatu, Rony Afrizal SE, mengatakan anggotanya melaksanakan pemantapan kapasitas anggota agar dapat lebih memahami tata cara berorganisasi di dalam wadah PWI tersebut. Disebutkan, kegiatan diikuti 22 anggota PWI Labuhanbatu.

“PWI adalah rumah kita yang harus dijaga dan dirawat. Ayo sama-sama kita besarkan PWI di Kabupaten Labuhanbatu dan tunjukkan bahwa anggotanya tampil beda, professional, dan lebih beretika setelah ikut UKW,” jelasnya.

Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga melalui Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti menegaskan, bahwa Pemkab Labuhanbatu sangat mendukung kegiatan pemantapan tersebut karena sangat positif dan bermanfaat bagi rekan-rekan wartawan.

“Kami yakin dengan wartawan yang sudah lulus kompetensi sudah pasti profesional dan bermartabat dengan keyakinan dapat memberikan kontribusi pembangunan daerah melalui informasi berita,” jelasnya.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, menyampaikan bahwa kegiatan penguatan dan pemantapan kapasitas anggota PWI Labuhanbatu merupakan salah satu agenda pengurus provinsi. Sebelumnya, PWI Sumut menggelar UKW dan penerimaan anggota muda maupun naik status.

“Selain pandai menulis, saya ingin wartawan PWI itu pandai berkomunikasi dan tampil beda dengan wartawan lain yang bukan anggota PWI,” sebut Farianda.

Selanjutnya, kata dia, wartawan PWI tentu harus punya adab karena sesuai dengan yang telah dipelajari ketika mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sebagai bekal dalam praktis jurnalistik sehari-hari.

“Sekali lagi saya tegaskan untuk jaga nama baik PWI Sumut khusus Kabupaten Labuhanbatu. Jaga marwah PWI dengan menjadi wartawan yang beretika dan bermartabat,” tutupnya.

Dari PWI Sumut, pemateri terdiri atas Ketua Dewan Kehormatan Provinsi Muhammad Syahrir, Sekretaris SR Hamonangan Panggabean, Wakil Ketua Bidang Organisasi Rifki Warisan serta Wakil Ketua Bidang Media Siber dan Multimedia Austin Tumengkol selaku moderator. (pwisumut)