SEI BALAI – Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Atal S Depari, mengingatkan seluruh pengurus PWI se-Sumut dan Indonesia, agar mendukung Pemilu yang jujur dan adil. Untuk itu, pengurus tidak dibenarkan terlibat apalagi merangkap menjadi pengurus salah satu partai politik.

“Wartawan harus patuh dengan aturan itu. Pengurus yang terlibat kontestasi Pemilu harus mengundurkan dari kepengurusan organinasi PWI,” tegas Atal saat sosialisasi netralisasi PWI Sumut dalam menghadapi Pemilu 2024 yang dirangkai Family Gathering di Singapore Land Waterpark, Kabupaten Batubara, Sabtu (3/6).

Atal menyebutkan wartawan harus dapat melakukan pemberitaan yang netral tidak boleh berpihak ke kiri atau kanan. Wartawan kiranya dapat menunjukkan wadah sarana yang netralitas dan menyajikan berita yang berkualitas.

“Dengan menunjukkan sikap netralitas berarti mendukung kemerdekaan pers yang berkualitas. Mereduksi berita hoaks dengan sikap bertanggung jawab,” imbuh Atal tegas.

Ketua PWI Sumut, H Farianda Putra Sinik SE, mengaku terharu dan bangga kepada semua pihak khusunya panitia yang bekerja keras mendukung dan menyukseskan Family Gathering PWI Sumut. Khususnya melihat keceriaan di wajah anak-anak anggota PWI Sumut menambah kebahagiaan Farianda. Pasalnya, memang itulah tujuan kegiatan family gathering tersebut.

Terkait netralisasi wartawan dalam Pemilu mendatang, Farianda berharap agar anggota PWI Sumut dapat menjadi wasit dan adil di Pemilu 2024 nanti. Diingatkan, anggota PWI Sumut harus bersikap adil, independen serta netral tidak terlibat salah satu partai politik di Pemilu mendatang. Wartawan juga tidak dibenarkan menjadi caleg bahkan tim sukses.

Bupati Batubara, Ir H Zahir MAP, menyampaikan bahwa acara family gathering merupakan suatu kebanggaan karena dilaksanakan di daerah pimpinannya. Zahir meminta silaturahim wartawan melalui family gathering terus ditingkatkan.

“Saya dekat dengan wartawan. Tetapi dekat dengan wartawan bisa menjadi baik dan tak baik. Untuk itu, kepada wartawan harus banyak mengalah,” ujarnya berseloroh.

Diakuinya, selama bertugas di Pemkab Batubara belum banyak berbuat dan pembangunan belum sempurna. Diakui, selama ini dirinya tetap memperjuangkan dari DAK untuk keperluan pembangunan Batubara dan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

“Kita butuh wartawan yang mampu menyajikan berita berkualitas terkait industri guna menambah minat investor membangun Pemkab Batubara,” ujarnya.

Ketua Panitia Rifki Warisan menyampaikan kegiatan family gathering dihadiri sekirar 1000-an lebih wartawan PWI Sumut bersama keluarga. (pwisumut)