PEMATANGSIANTAR – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pematangsiantar akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada pertengahan Juli 2023. Kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Pemko Pematangsiantar.

“Setelah kami berkoordinasi dengan PWI Sumut, kita rencanakan pelaksanaan UKW pada 18-19 Juli 2023,” ujar Ketua PWI Kota Pematangsiantar Surati didampingi pengurus lainnya Neti Herawati, Mulia Siregar, Togar Sinaga, dan Limson Hutabarat, Minggu (11/6).

Dikatakan, peserta UKW ini terbuka untuk semua wartawan yang direncanakan akan menampung 30 peserta (5 kelas) dengan rincian tingkat utama, madya, dan muda. Hanya saja, Surati mengakui formasi tersebut bergantung pada peserta yang mendaftar.

“Sebelum pelaksanaan UKW, calon peserta terlebih dahulu mendapat pembekalan. Pra UKW ini kita laksanakan satu hari, sedangkan UKW-nya sendiri selama dua hari,” kata Surati.

Kepada peserta yang berminat, pendaftaran akan dilaksanakan pada 12 hingga 17 Juni mendatang. Lokasi pendaftaran di Kantor PWI Pematangsiantar, Jalan Kartini Bawah No 1A Pematangsiantar.

“Sesuai dengan arahan dari PWI Sumut, pendaftaran ditutup sebulan sebelum hari H pelaksanaan. Pasalnya, berkas calon peserta akan diverifikasi oleh PWI Sumut dan PWI Pusat,” ungkap Surati.

Syarat peserta UKW muda minimal telah jadi wartawan selama setahun, naik kelas madya minimal telah tiga tahun memiliki sertifikat UKW muda, dan naik kelas utama minimal telah dua tahun bersertifikat madya.

Untuk persyaratan administrasi, calon peserta harus melengkapi pas foto 4×6, fotokopi KTP, riwayat hidup, surat rekomendasi ikut UKW dari pimpinan media, surat pernyataan non parpol bermaterai, pengalaman jurnalistik serta dua kliping/link berita yang pernah dipublikasi.

“Syarat selanjutnya menyertakan akta pendirian perusahaan media. Terkhusus pasal 3 bidang usaha hanya khusus perusahaan pers saja, tak boleh bercampur dengan usaha bidang lain. Terakhir, ada SK Kemenkumham perusahaan media,” sebut Surati lagi.

Calon peserta yang ingin mendapatkan formulir dan kelengkapan administrasi sesuai format yang ditentukan dapat menghubungi Surat (081361672752, Neti (085262451324) atau Togar Sinaga (085361622831). (pwisumut)