TARUTUNG – Dalam rangka mengasah kompetensi dan mempertajam ilmu jurnalistik di era digitalisasi, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bonapasogit akan menggelar Workshop Wartawan Digital pada 20-21 Juni 2023 di Hotel GNB Muara Tapanuli Utara.

Ketua PWI Bonapasogit Alfonso Situmorang membenarkan agenda peningkatan kapasitas wartawan di wilayah kerja Taput, Humbahas, Toba, dan Samosir nantinya akan bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

“Kita akan menggelar Workshop Wartawan Digital di Muara pada 20-21 Juni nanti,” katanya didampingi Sekretaris Emva Wari Candra Sirait, Darwin Manalu, dan unsur pengurus lainnya, Sabtu (17/6).

Untuk membekali para peserta yang juga anggota PWI Bonapasogit, Alfonso menyebutkan akan salah satu narasumber berasal dari Telkomsel. Nantinya, peserta diberi pembekalan materi yang dibawakan Manager Digital Advertising Inventory and Publisher Management Rose Henindra dan Manager Region SME Sumatera Gandhi Situmorang.

“Sudah dipastikan narasumber dari Telkomsel akan hadir. Selain itu, narasumber PWI Sumut akan diwakili Austin Tumengkol yang juga Wakil Ketua Bidang Media Siber dan Multimedia dan Sugiatmo selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan,” tambahnya.

Alfonso mengatakan workshop tersebut merupakan bagian dari program kerja PWI Bonapasogit untuk peningkatan kapasitas wartawan.

“Di era digitalisasi sekarang, wartawan mau tidak mau harus kreatif dan inovatif sehingga bisa tetap eksis. Wartawan dituntut serba bisa bukan hanya membuat berita, tapi harus mampu menyajikan informasi dengan menggunakan media elektronik, baik itu mengambil video maupun menyunting. Itu dinamakan multitasking,” paparnya.

Karena itu, tema yang diangkat dalam Workshop tersebut ‘Wartawan Go Digital dan Multitasking. Alfonso juga menyebutkan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan sangat mendukung kegiatan yang digelar PWI Bona Pasogit tersebut.

“Pak Bupati sangat mendukung dan kita minta juga untuk membuka kegiatan dan disetujui,” pungkasnya. (pwisumut)