MUARA – Workshop wartawan digital dan multitasking yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bonapasogit di Hotel GNB Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, pada Selasa-Rabu (20-21/6) berlangsung sukses.

Kegiatan yang dilaksanakan bekerja sama dengan Telkomsel selaku salah satu saluran telekomunikasi terbesar di Indonesia dibuka oleh Bupati Taput diwakili Sekda Indra Simaremare MSi. Turut hadir Kadis Kominfo Hendrik Taruna Surbakti, Camat Muara Lindung Sianturi dan Danramil Muara Kapt F Lubis.

PWI Bona Pasogit turut mengundang GM Digital Advertising Business Development Telkomsel Vicky Fathurrahman dan Manager Region SME Sumatera Gandhi Situmorang sebagai pemateri didampingi Manager Digital Advertising Inventory and Publisher Management Rose Henindra.

Dari PWI Sumut, materi disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pendidikan Sugiatmo dan Wakil Ketua Bidang Media Siber dan Multimedia Austin Tumengkol. Ketua PWI Bonapasogit, Alfonso Situmorang, berharap peserta dapat menyerap materi narasumber, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam tugas jurnalistiknya sehari-hari.

“Lewat workshop ini, kami berharap peserta menjadi wartawan yang beradaptasi dengan era digital dan multitasking. Karena saat ini sudah menjadi tuntutan bagi setiap wartawan untuk mampu menguasai teknologi dan melek digital,” ujar Alfonso.

Alfonso juga berterima kasih kepada Telkomsel yang telah bersedia menjadi mitra PWI dalam penyelenggaraan workshop tersebut. Dalam paparannya, Vicky Fathurrahman mengapresiasi workshop yang diinisiasi PWI Bonapasogit bekerja sama dengan Telkomsel.

“Kegiatan ini sejalan program pemerintah yang mulai go to digital. Mau tak mau, perkembangan ini tidak bisa kita tolak atau kita akan tertinggal. Karena itu, kami akan terus bekerja sama dengan berbagai komunitas PWI mulai dari pusat hingga daerah. Kita akan sharing lebih banyak tentang teknologi ini,” pungkasnya.

Sekda Taput Indra Simaremare MSi mengatakan bahwa tantangan wartawan saat ini adalah media sosial, seperti Tiktok, Instagram, dan Facebook. Sesuai fungsi pers, Indra berharap para wartawan mampu menyampaikan informasi yang lebih akurat dan terpercaya sehingga mengimbangi keberadaan media sosial.

Di hari pertama, Sugiatmo menyampaikan materi “Trik Meningkatkan Traffic Website” diikuti “Tips Meningkatkan Page View Website Dengan Cara Mudah” oleh Telkomsel. Jelang penutupan, Austin Tumengkol berbagi tips Editing dan Liputan Video. (pwisumut)