PEMATANG SIANTAR – Surati terpilih secara aklamasi pada Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pematangsiantar di Hotel Batavia, Selasa (18/7). Ini menjadi periode kedua bagi wartawan Berita Sore tersebut.

PWI Kota Pematangsiantar harus bisa menjadi lebih baik di bawah kepemimpinan Surati untuk tiga tahun ke depan atau tepatnya 2023-2026. Demikian disampaikan Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA.

“Seperti yang selalu disampaikan Ibu Surati selama ini, PWI Kota Pematangsiantar is the best!” kata Wali Kota Pematangsiantar itu.

Mantan Direktur RSUD dr Djasamen Saragih Pematangsiantar tersebut mengucapkan selamat kepada pengurus PWI Kota Pematangsiantar yang baru dilantik. Diharapkan, pengurus baru dapat bekerja dan berkarya nyata untuk mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas.

Susanti juga mengapresiasi pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar pada Senin-Selasa (17-18/7). Menurut Susanti, UKW yang baru dilaksanakan bertujuan meningkatkan kepatuhan wartawan terhadap UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik demi citra dan kredibilitas para wartawan.

Sebelumnya, Ketua PWI Kota Pematangsiantar Surati bersyukur konferensi berlangsung lancar tanpa hambatan. Surati juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan PWI Kota Pematangsiantar.

“Terima kasih kepada Ibu Wali Kota dr Susanti Dewayani SpA melalui Kadis Kominfo yang sudah memperhatikan wartawan. Kami akan berbuat lebih baik untuk PWI Kota Pematangsiantar,” kata Surati.

“Kami butuh dukungan Ibu Wali Kota dan Forkopimda. Saya tidak bisa apa-apa dan tidak ada apa-apanya tanpa dukungan berbagai pihak,” tukas Surati pada konferensi yang bertemakan ‘Memantapkan Profesionalisme PWI yang Beretika, Bermartabat, dan Berkualitas’.

Ketua PWI Sumut H Farianda Putra Sinik juga mengucapkan syukur Konferensi ke-VII PWI Kota Pematangsiantar berakhir sukses dengan Surati terpilih secara aklamasi. Terkait hasil UKW, Farianda bersyukur 29 peserta dinyatakan kompeten.

“PWI Sumut juga akan mengadakan UKW di akhir Agustus atau awal September,” sebutnya.

Dalam kepengurusannya, Surat akan didukung Limson Hutabarat (wakil ketua), Rahayu (sekretaris), Roida Siahaan (wakil sekretaris), dan Netty Herawati selaku bendahara.

Turut hadir, Kapolres Pematangsiantar AKBP Yogen Heroes Baruno SH SIK, Kajari Pematangsiantar Jurist Pricesely Sitepu SH MH, pengurus PWI Sumut, dan lainnya. (pwisumut)